PENGARUH PROMOSI DAN DAYA TARIK TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DENGAN MINAT BERKUNJUNG SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris Pada Seluruh Pujasera di Kota Madiun)

Selvia Ayuning Sunaryo, Hari Purwanto, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Abstrak

Terdapat beberapa faktor yang dapat mempengaruhi keputusan berkunjung, diantaranya adalah faktor promosi dan daya tarik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi dan daya tarik terhadap keputusan berkunjung melalui minat berkunjung sebagai variabel intervening pada Pujasera di Kota Madiun. Penelitian dilakukan di Madiun. Metode penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengunjung seluruh Pujasera di Kota Madiun. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non probability sampling tepatnya purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 384 responden. Teknik analisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, path analysis, uji t, uji sobel, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun. (2) Daya Tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun. (3) Promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun. (4) Daya Tarik berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun. (5) Minat Berkunjung berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun. (6) Minat Berkunjung dapat memediasi Promosi terhadap Keputusan Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun. (7) Minat Berkunjung dapat memediasi Daya Tarik terhadap Keputusan Berkunjung pada seluruh Pujasera di Kota Madiun.

Kata Kunci : Promosi, Daya Tarik, Minat Berkunjung, Keputusan Berkunjung


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun