Analisis Keputusan Pembelian Pada Platform Instagram Dengan Mediasi Variabel Perceived Value (Studi Empiris pada Masyarakat di Kota Madiun)

Rindi Nur Khofifah, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Abstrak

Penelitian ini bertujuan menguji dan menganalisis pengaruh penggunaan Influencer dan User Generated Content (UGC) dalam keputusan pembelian di platform Instagram dengan Perceived value sebagai variabel mediasi pada masyarakat Kota Madiun. Obyek penelitian ini adalah pengguna Instagram. Populasi penelitian ini adalah masyarakat Kota Madiun. Sampel yang digunakan 150 responden serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Penelitian ini menggunakan metode analisis PLS dengan menggunakan outer model, inner mode, uji hipotesis dan uji hipotesis mediasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Influencer dan User Generated Content (UGC) berpengaruh signifikan positif terhadap keputusan pembelian, Influencer dan User Generated Content (UGC) berpengaruh signifikan positif terhadap perceived value dan perceived value berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian.  Hasil dari pengaruh mediasi perceived value berperan sebagai mediasi (partial mediation) dalam hubungan Influencer terhadap keputusan pembelian, dan perceived value berperan sebagai mediasi (partial mediation) dalam hubungan User Generated Content (UGC) terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Influencer, User Generated Content (UGC), Keputusan Pembelian, platform Instagram, Perceived value

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun