PENGARUH E-COMMERCE DAN DISKON TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA UD. RAFI MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Anyaman Tas Plastik Pada UD. Rafi Madiun)

Devi Nur Aini, Heny Sidanti, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Pada awal 2019, wabah mematikan yaitu coronavirus (SARS-Cov-2) masuk ke Indonesia sehingga membawa dampak sosial maupun ekonomi yang besar bagi berbagai sektor salah satunya yaitu sektor ekonomi. UD. Rafi menjadi salah satu usaha dagang yang merasakan dampak adanya virus corona didalam penjualannya. Latar belakang penelitian ini dlihat dengan adanya pandemi COVID-19 membuat masyarakat  lebih memilih belanja melalui e-commerce untuk memutus rantai penyebaran COVID-19. Berbagai e-commerce memberikan diskon disetiap momentum untuk lebih menarik para konsumen. Keberadaan e-commerce pada saat pandemi COVID-19 ini sangat disambut baik oleh para konsumen ataupun produsen karena adanya pandemi COVID-19 menyebabkan konsumen ataupun produsen tidak bisa berbelanja secara offline. Selain itu, e-commerce memberikan diskon besar-besaran dan gratis ongkir ke seluruh Indonesia sehingga dapat meningkatkan minat beli dan memberikan keputusan pembelian pada konsumen.

Penelitian ini bertujun untuk mengetahui apakah e-commerce dan diskon berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian pada UD. Rafi di Madiun melalui minat beli sebagai variabel intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif melalu data primer dan diolah menggunakan aplikasi SPSS versi 25. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan data primer yang pelaksanaannya dilakukan dengan menyebar kuesioner pada 200 responden menggunakan tautan google forms yang telah membeli anyaman tas pada UD. Rafi melalui e-commerce.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Variabel e-commerce berpengaruh terhadap  minat beli pada UD. Rafi di Madiun. (2) Variabel e-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Rafi di Madiun. (3) Variabel diskon berpengaruh terhadap minat beli pada UD. Rafi di Madiun. (4) Variabel diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Rafi di Madiun. (5) Variabel minat beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Rafi di Madiun. (6) Variabel e-commerce berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Rafi di Madiun melalui minat beli sebagai variabel intervening. (7) Variabel diskon berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada UD. Rafi di Madiun melalui minat beli sebagai variabel intervening.

Kata Kunci: E-commerce, Diskon, Keputusan pembelian

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun