PENGARUH THREAT EMOTION KONSUMEN, PRICE, E-WOM DAN BRAND TRUST TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN HANDPHONE SECOND DI FACEBOOK (Studi pada Forum Jual Beli HP Bekas Madiun)

Aditya Baramuly Pratama Haryono, Dian Citaningtyas Ari Kadi, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Abstrak
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh Threat Emotion, Price, electronic
word of mouth (e-wom) dan brand trust terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan pada
penjualan handphone second di marketplace facebook. Sampel penelitian ini berjumlah 190 orang
respoden. Penelitian ini terdiri dari 4 variabel, 19 indikator dan 4 hipotesis. Alat analisis yang
digunakan adalah SPSS 26 for windows dengan uji validitas, uju reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis
regresi linier berganda,serta uji signifikasi (uji t da uji F). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa
terdapat pengaruh positif dan signifikan dari variable threat emotion, harga, brand trust terhadap
keputusan pembelian. Sedangkan electronic word of mouth (ewom) tidak berpengaruh signifikan
terhadap keputusan pembelian handphone second di facebook.


Full Text:

PDF

References


Ananda, F., & Zulfia, D. (2018). Indikasi Machiavellianism Dalam Pembuatan

Keputusan Etis Auditor Pemula.

Chevalier, J.A. Dan Mayzlin, D. (2006). “The Effect Of Word Of Mouth On Sales:

Online Book Reviews.” Journal Of Marketing Research, 43(3), 345–354.

Delgado-Ballester. (2004). “Applicability Of A Brand Trust Scale Across Product

Catagories: A Multigroup Invariance Analysis.” International Journal Of

Marketing, 38, 573–592.

Dhio Panji Pratama, H. S. N., & Suryoko, & S. (2013). Pengaruh Threat Emotions,

Kepercayaan Merek Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk

Susu Anlene Actifit. Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1–10.

Ermawati, A. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Brand Trust Terhadap Purchase

Decision Produk United. Agora, 6.

Ernawan, Z. A. W. (2017). Pengaruh Electronic Word Of Mouth, Pengetahuan

Konsumen Dan Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian. Jakarta:

Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Fauziah, M. Dan. (2017). Pengaruh Brand Personality Dan Brand Trust Terhadap

Keputusan Pembelian (Studi Kasus Butik Meccanism). Jurnal Ekonomi

Islam.

Ferrinadewi, E. (2007). Pengaruh Threat Emotion Konsumen Dan Brand Trust Pada

Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene Di Surabaya. Surabaya:

Universitas Widya Kartika.

Ferrinadewi, E. (2008). Merek & Psikologi Konsumen Implikasi Pada Strategi

Pemasaran. In Graha Ilmu.

Gantasari, P.A., Yuliati, A. . (2019). Pengaruh Threat Emotion Dan Brand Trust

Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Apple Iphone. Jurnal EProceeding

Of Management, 6 (2) : 4531-4537.

Goenadhi, L. (2011). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen

Dalam Keputusan Pembelian Mobil Toyota Avanza Di Kota Banjarmasin.

Jurnal Manajemen Dan Akuntansi, 12(5), 155 – 162.

Goyette, I., Ricard,L.,Bergeron,J. & Marticotte, F. (2010). E-Wom Scale: Wordof-

Mouth Measurement Scale For E-Services Context. Canadian Journal Of

Administrative Sciences, 27(1),5-23.

Hair J.F., Et Al. (2010). Multivariate Data Analysis (Seventh Ed). Pearson Prentice

Hall.

Henning-Thurau. (2004). Electronic Word-Of-Mouth Via Consumer-Opinion

Platforms: What Motivates Consumers To Articulate Themselves On The

Internet?

Iacobucci, D. &. (2005). Results On The Standard Error Of The Coefficient Alpha

Index Of Reliability, Marketing Science.

Jalilvand, M. R. Dan N. S. (2012). The Effect Of Electronic Word Of Mouth On

Brand Image And Purchase Intention: An Empirical Study In The

Automobile Industry In Iran. Marketing Intelligence & Planning, 30(4).

Jansen, B. J. (2009). “Twitter Power: Tweet As Electronic Word Of Mouth.”

Journal Of The American Society For Information Science And Technology,

Kotler, P. (2002). Kotler, Philip, 2002, Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi

Milenium, Jakarta. In Manajemen Pemasaran (Edisi Mile, P. Jilid 1).

Nofianti, R. (2014). Pengaruh Threat Emotion Konsumen Dan Brand Trust

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gadget. Jurnal Economia, Volume

, 200.

Nursalam. (2003). Konsep Dan Penerapan Metodologi Penelitian Ilmu

Keperawatan Pedoman Skripsi, Tesis Dan Instrumen Penelitian

Keperawatan. In Salemba Medika.

Pratama, D. P. (2013). Pengaruh Threat Emotions, Kepercayaan Merek Dan Harga

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Susu Anlene Actifit. (Studi Kasus

Pada Lotte Mart Jl. Majapahit Semarang). Diponegoro Journal Of Social And Politic, 1–10. Http://Ejournal-S1.Undip.Ac.Id/Index.Php/ 6

Risna Nofianti. (2014). Pengaruh Threat Emotion Konsumen Dan Brand Trust

Terhadap Keputusan Pembelian Produk Gadget. Jurnal Economia, Volume

, 200.

Sugiyono. (N.D.). Metode Penelitian Bisnis (Alfabeta).

Sumarwan, U. (2004). Perilaku Konsumen (Teori Dan Penerapannya Dalam

Pemasaran). Penerbit Ghalia Indonesia.

Wibowo, C. H. (2018). Analisis Pengaruh Electronic Word Of Mouth (Ewom) Dan

Brand Image Terhadap Brand Trust Dan Keputusan Pembelian (Studi Pada

Konsumen Produk Smartphone Xiaomi Di Kebumen).

Wijaya, Tommi, And Lidia Paramita. (2014). Pengaruh Electronic Word Of Mouth

(Ewom) Terhadap Keputusan Pembelian Kamera Dslr.

Wulandari, N. M. R., & Nurcahya, I. K. (2015). Pengaruh Celebrity Endorser,

Brand Image, Brand Trust Terhadap Keputusan Pembelian Clear Shampoo

Di Kota Denpasar. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 4(11).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun