PENGARUH KEDISIPLINAN, STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA, DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (STUDI KASUS PADA SISWA KELAS XI JURUSAN TEKNIK INSTALASI TENAGA LISTRIK SMKN 1 MADIUN)

Wildan Nico Fernanda, Karuniawati Hasanah, Putri Oktovita Sari

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari Kedisiplinan, Status Sosial Ekonomi Keluarga, serta Self Efficacy terhadap Kesiapan kerja Siswa dan Siswi SMKN 1 Madiun. Penelitian ini dilakukan selama kurang lebih enam bulan dimulai dari Januari sampai Juli 2022. dengan menggunakan teknik sampel jenuh dan menyebarkan kuesioner kepada responden sebesar 107 siswa Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) SMKN 1 Madiun. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kedisiplinan, status sosial ekonomi keluarga, serta self efficacy berpengaruh terhadap kesiapan kerja melalui uji parsial dan uji simultan. berdasarkan hasil uji parsial  variabel X1 (Kedisiplinan) dengan nilai sig 0,000 < 0,05 dan nilai thitung 3,914> ttabel 1,983 (thitung>ttabel), Variabel X2 (Status sosial ekonomi keluarga) memiliki nilai sig 0,018 < 0,05 nilai thitung 2,934 > ttabel 1,983 (thitung>ttabel), Variabel X3 (Self efficacy) memiliki nilai sig 0,000 < 0,05 nilai thitung 3,979> ttabel 1,983 (thitung > ttabel). sedangkan hasil uji simultan menunjukan bahwa semua variabel bebas memiliki pengaruh terhadap variabel terikat, dengan  nilai sig 0,000< 0,05 dan memiliki fhitung 36,279 > ftabel 2,69 ( fhitung > ftabel). jadi kesimpulannya semua hipotesis pada penelitian ini diterima dengan bukti hasil uji parsial dan simultan.

Kata Kunci: Kedisiplinan, Status Social Ekonomi Keluarga, Self efficacy, Kesiapan Kerja


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun