PENGARUH KEPERCAYAAN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MARKETPLACE TOKOPEDIA DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA MILENIAL KOTA MADIUN)

Indah Maulida, Hari Purwanto, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Dampak teknologi sangat besar bagi kehidupan seseorang saat melakukan aktivitas, Dengan adanya kemajuan teknologi masyarakat sekarang lebih memilih menggunakan teknologi informasi untuk melakukan kegiatannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kepercayaan dan online custemer review terhadap minat beli pada marketplace Tokopedia. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, online custemer review, dam minat beli terhadap keputusan pembelian pada marketplace Tokopedia. Untuk mengetahui pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian melalui minat beli, dan untuk mengetahui pengaruh online customer review terhadap keputusan pembelian melalui minat beli. Metode dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner (angket). Sedangkan analisis data menggunakan Uji Path Analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli Pada Marketplace Tokopedia. 2) Online Customer Review  berpengaruh terhadap Minat beli pada marketplace tokopedia. 3) Kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia.. 4) Online Customer Review berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia. 5) Minat Beli berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Marketplace Tokopedia.  6) Minat beli memediasi pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian. 7) Minat beli memediasi pengaruh Online Customer Review terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci: Kepercayaan, Online Custemer Review, Keputusan Pembelian, Minat Beli


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun