PENGARUH BRAND IMAGE DAN SOSIAL MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SEPATU COMPASS MELALUI MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Kasus Pada Pengguna Sepatu Compass Di Kota Madiun)

Fahri Asa Novanto, Karuniawati Hasanah, Hari Purwanto

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan perkembangan fashion dalam gaya hidup masyarakat yang mendorong manusia untuk menambah kebutuhan yang dimiliki, dimana diantaranya kebutuhan utama yang terdiri dari sandang, pangan, dan papan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui: pengaruh brand image dan sosial media instagram terhadap keputusan pembelian melalui minat beli pada sepatu compass. Populasi pada penelitian ini adalah masyarakat Kota Madiun baik laki-laki maupun perempuan yang menggunakan dan memiliki sepatu compass. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner yang disebar menggunakan tautan google forms. Responden dalam penelitian ini sebanyak 384. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analys. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1). Brand image berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli sepatu compass. 2). Sosial media instagram berpengaruh positif signifikan terhadap minat beli sepatu compass. 3). Brand image berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu compass. 4). Sosial media instagram berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu compass. 5). Minat beli berpengaruh positf signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu compass. 6). Minat beli dapat memediasi pengaruh brand image terhadap keputusan pembelian sepatu compass. 7). Minat beli dapat memediasi pengaruh sosial media instagram terhadap keputusan pembelian sepatu compass.

Kata Kunci: Brand Image, Sosial Media Instagram, Minat Beli, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun