PENGARUH ORGANIZATIONAL JUSTICE DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KEPUASAN KARYAWAN OUTSOURCING (STUDI KASUS PADA PT BANK NEGARA INDONESIA (PERSERO), TBK KCU MADIUN)

Aji Pamungkas, Karuniawati Hasanah, Robby Sandhi Dessyarti

Abstract


Adanya perbedaan dalam pengaturan dan sistem kerja pada karyawan tetap dan outsourcing di PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk KCU Madiun dapat menimbulkan permasalahan-permasalahan, terutama yang berkaitan dengan teori keadilan. Keberadaan keadilan tidak dapat dipisahkan dari kepuasan kerja. Kepuasan karyawan dalam bekerja juga berkaitan dengan motivasi kerja yang ada pada diri karyawan itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk memberikan bukti empiris pengaruh organizational justice terhadap kepuasan karyawan, pengaruh motivasi kerja terhadap kepuasan karyawan, serta pengaruh organizational justice dan motivasi kerja terhadap kepuasan karyawan outsourcing pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk KCU Madiun.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausal. Populasi penelitian adalah seluruh karyawan outsourcing pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk KCU Madiun yang berjumlah 109 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan metode sensus atau dengan teknik sampling jenuh, sehingga seluruh populasi dijadikan sampel penelitian. Instrumen penelitian adalah kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis menggunakan uji t dan uji F.

Hasil penelitian membuktikan: (1) Organizational justice berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan outsourcing pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk KCU Madiun, (2) Motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan outsourcing pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk KCU Madiun, (3) Organizational justice dan motivasi kerja berpengaruh simultan terhadap kepuasan karyawan outsourcing pada PT Bank Negara Indonesia (Persero), Tbk KCU Madiun.

Kata Kunci: organizational justice, motivasi kerja, kepuasan karyawan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun