PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS, PERCEIVED EASE OF USE DAN PERCEIVED ENJOYMENT TERHADAP DAMPAK POSITIF PADA UMKM MELALUI PENGGUNAAN SOCIAL MEDIA MARKETING (Studi Pada UMKM di Kabupaten Magetan)

Rahma Sulistyowati, Dian Citaningtyas AriKadi, Arifiansyah Saputra

Abstract


Pada tahun 2021 fenomena penggunaan media sosial di Indonesia mengalami peningkatan jika dibandingkan tahun 2020. lebih dari separuh penduduk Indonesia aktif menggunakan platform media sosial tepatnya pada Januari 2021. Dengan banyaknya pengguna media sosial di Indonesia, potensi pemasaran melalui pemanfaatan media sosial mempunyai peluang lebih besar bagi UMKM untuk mampu meningkatkan perkembangan usahanya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan Social Media Marketing terhadap dampak positif pada UMKM di Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 67 responden yang terdaftar di Asosiasi UMKM Pemda Magetan. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode sampling jenuh (sensus). Teknik analisis data menggunakan PLS-SEM dengan bantuan Smart PLS 3.0. Hasil penelitian ini adalah perceived usefulness  dan perceived enjoyment berpengaruh  signifikan terhadap dampak positif pada UMKM melakui penggunaan social media marketing. Sedangkan perceived ease of use tidak berpengaruh signifikan terhadap dampak positif pada UMKM melalui penggunaan social media marketing. Social media marketing berpengaruh signifikan terhadap dampak positif pada UMKM di Kabupaten Magetan.

Kata Kunci:UMKM, Perceived Usefulness, Perceived Ease Of Use, Perceived Enjoyment, SocialMedia Marketing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun