ANALISIS KINERJA KEUANGAN MENGGUNAKAN BALANCE SCORECARD PADA PERUSAHAAN PT. KERETA API INDONESIA (PERSERO)

Aditia Putri Yulia Pribadi, Diyah Santi Hariyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kinerja keuangan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di masa pandemi covid-19 menggunakan metode balance scorecard dengan menganalisis perspektif keuangan, perspektif pelanggan, perspektif proes bisnis internal dan perspektif pembelajaran dan pertumbuhan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Perspektif keuangan perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero), Persero, mengalami penurunan selama beberapa tahun terakhir karna dampak dari pandemi covid-19, dengan ROA dan ROE yang mengalami penurunan yang signifikan. Pengukuran perspektif pelanggan dengan menggunakan kepuasan pelanggan memiliki hasil yaitu masih adanya pelanggan yang kurang puas terhadap pelayanan perusahaan menunjukkan adanya keluhan pelanggan, tetapi dilayani secara hati-hati. Pengukuran perspektif proses bisnis internal ditunjukkan dengan perusahaan telah menjalankan proses inovasi produk dan pelayanan setiap tahunnya yang bertambah baik. Pengukuran perspektif pembelajaran dan pertumbuhan dikategorikan baik karena memenuhi kebutuhan pegawai perusahaan Upaya perusahaan untuk meningkatkan kinerja pegawai dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas SDM karyawan yang memiliki jabatan tertentu. Memberikan motivasi melalui sistem promosi/kursus reguler. Pegawai yang telah mengikuti pelatihan serta pendidikan berdasarkan oleh apa yang dibutuhkan pada saat rekrutmen karyawan. Perspektif pembelajaran dan pertumbuhan, PT. Kereta Api Indonesia (Persero) merupakan perusahaan yang bagus untuk bekerja.

Kata Kunci: Kinerja Keuangan, Balance Scorecard

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun