PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN DENGAN KEUNGGULAN BERSAING SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada UMKM Kota Madiun)

Nova Revitasari, Apriyanti Apriyanti, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi dengan adanya pelaku usaha UMKM yang semakin maju dan berkembang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja pemasaran pada UMKM Kota Madiun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui: 1) pengaruh orientasi pasar, inovasi produk, dan Keunggulan bersaing terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Kota Madiun, 2) pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap keunggulan bersaing, 3) pengaruh orientasi pasar dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing.

Populasi penelitian ini adalah pelaku UMKM Kota Madiun yang berjumlah 326. Pengambilan data mengguakan kuesioner yang disebar melalui google form. Metode pengambilan sampel dengan cara purposive sampling. Jumlah sampel yang dikumpulkan sebanyak 167 responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah path analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) orientasi pasar, dan keunggulan bersaing berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran, sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran 2) orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap keunggulan bersaing, sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap keungggulan bersaing. 3) orientasi pasar berpengaruh signifikan terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing, sedangkan inovasi produk tidak berpengaruh terhadap kinerja pemasaran melalui keunggulan bersaing.

Kata Kunci: Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran, Keunggulan Bersaing dan UMKM.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun