PENGARUH PENGALAMAN PENGUNJUNG DAN CITRA DESTINASI TERHADAP MINAT BERKUNJUNG KEMBALI DENGAN KEPUASAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA WISATAWAN TELAGA SARANGAN

Bella Sulistyanda, Liliek Nur Sulistiyowati, Rizal Ula Ananta Fauzi

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah ada pengaruh pengalaman pengunjung dan citra destinasi terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan sebagai variabel mediasi pada wisatawan Telaga Sarangan. Sampel penelitian 130 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan analisis jalur menggunakan bantuan program IBM SPSS Versi 26 dan sobel test. Hasil penelitian ini adalah pengalaman pengunjung berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali, sedangkan citra destinasi tidak berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Secara langsung kepuasan berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali. Pengalaman pengunjung dan citra destinasi berpengaruh terhadap kepuasan. Dari hasil uji sobel diperoleh pengalaman pengunjung berpengaruh terhadap minat berkunjung kembali dengan kepuasan sebagai mediasi, sedangkan kepuasan tidak mampu memediasi citra destinasi terhadap minat berkunjung kembali.

Kata Kunci: Pengalaman Pengunjung, Citra Destinasi, Minat Berkunjung Kembali, Kepuasan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun