PENGARUH PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN PERSEPSI RISIKO TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN TIDAK TERENCANA PADA MARKETPLACE SHOPEE DI MASA PANDEMI COVID-19

Brilian Firnanda Melaardi, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan untuk mengetahui: pengaruh persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada marketplace shopee. penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini pengguna aplikasi marketplace shopee di Kota Madiu. Penelitian ini menggunakan teknik nonprobability sampliang,sehingga diperoleh sampel penelitian sebanyak 120 responden. Pengumpulan data responden yang disebar melalui google form. Analisis penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi lenear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada marketplace shopee. 2) persepsi risiko tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada markeetplace shopee. 3) persepsi kemudahan penggunaan dan persepsi risiko berpengaruh positif secara simultan terhadap keputusan pembelian tidak terencana pada marketplace shopee.

Kata Kunci: persepsi kemudahan penggunaan, persepsi risiko, keputusan pembelian tidak terencana


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun