PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM GETHUK ANYAR KHAS NGAWI

Monika Langgeng Pangestuti

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan pendapatan dimasa pandemi sehingga berdampak pada kinerja pemasaran UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi menjadi tidak maksimal. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh orientasi pasar terhadap pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi, Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi. Sampel pada penelitian ini yaitu 220 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi, Inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi.

Kata Kunci: orientasi pasar; inovasi produk; kinerja pemasaran.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun