PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN PADA UMKM GETHUK ANYAR KHAS NGAWI
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya penurunan pendapatan dimasa pandemi sehingga berdampak pada kinerja pemasaran UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi menjadi tidak maksimal. Tujuan pada penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh orientasi pasar terhadap pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi, Pengaruh inovasi produk terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi. Sampel pada penelitian ini yaitu 220 responden. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif. Adapun teknik pengambilan data yang digunakan yaitu kuesioner. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini yaitu analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Orientasi pasar berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi, Inovasi produk berpengaruh secara signifikan terhadap kinerja pemasaran pada UMKM Gethuk Anyar Khas Ngawi.
Kata Kunci: orientasi pasar; inovasi produk; kinerja pemasaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun