ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERSEPSI KONSUMEN MEMBELI TOYOTA AVANZA GENERASI FACELIFT DI KOTA MADIUN

Jessica Crisna Ananda Putra, Apriyanti Apriyanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan secara empiris pengaruh inovasi desain, citra merek,
dan harga terhadap persepsi konsumen. Sebagai populasi adalah masyarakat Kota Madiun, dengan
jumlah sampel sebanyak 107 responden. Metode penelitian yang digunakan adalah regresi linear
berganda dengan bantuan software SPSS versi 22. Hasil penelitian menemukan (1) Inovasi desain
berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen terbukti dari nilai koefisien regresi
positif sebesar 0,220 dan nilai thitung 2,564 lebih besar dari ttabel yaitu 1,660; (2) Citra merek
berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen terbukti dari nilai koefisien regresi
positif sebesar 0,205 dan nilai thitung 2,490 lebih besar dari ttabel yaitu 1,660; (3) Harga
berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen terbukti dari nilai koefisien regresi
positif sebesar 0,135 dan nilai thitung 2,115 lebih besar dari ttabel yaitu 1,660. Sehingga dapat
disimpulkan bahwa (1) Inovasi desain berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi
konsumen, (2) Citra merek berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen, (3)
Harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap persepsi konsumen..


Full Text:

PDF

References


Abdjul, R., Soegoto, A. S., & Soepeno, D. (2018). Pengaruh Kualitas Produk,

Inovasi Produk Dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Mobil

Nissan Grand Livina Pada Pt. Wahana Wirawan Manado. Jurnal EMBA:

Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 9(1), 3553–3562.

Aleiyya, I. La, & Waluyo, H. D. (2014). Pengaruh Inovasi Produk Baru , Citra

Merek , Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pc Tablet Apple Ipad

(Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna Ipad Di Fisip Undip Semarang).

Diponegoro Journal Of Social And Politic.

Amilia, S., & Nst, M. O. A. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas

Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota

Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.

Assauri, S. (2015). Manajemen Pemasaran (Cetakan ke). PT. Rajagrafindo

Persada.

Hartuti, E. T. K., Narimawati, U., Affandi, A., Priadana, S., & Erlangga, H.

(2022). Pengaruh Inovasi Produk dan Persepsi Konsumen terhadap

Keputusan Pembelian serta Implikasinya pada Citra Perusahaan UMKM

Makanan Tradisional Getuk Goreng di Kabupaten Banyumas Provinsi Jawa

Tengah. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(4), 1144–1149.

https://doi.org/10.54371/jiip.v4i5.538

Kridani, M. S. (2020). Pengaruh Persepsi Konsumen dan Motivasi Konsumen

Terhadap Pengambilan Keputusan Untuk Bergabung Sebagai Anggota

Dalam Bisnis Multi-Level Marketing. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi,

(2), 289. https://doi.org/10.30872/psikoborneo.v8i2.4913

Maindoka, L. ., Tumbel, A., & Christy Rondonuwu. (2018). Analisis Pengaruh

Citra Merek, Harga Dan Desain Produk Terhadap Keputusan Pembelian

Mobil Nissan Grand Livina Pada Pt.Wahana Wirawan Manado. Jurnal

EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(3),

–1527.

Mardiasih, T. S. (2020). Pengaruh Persepsi Harga, Kualitas Produk, Dan Lokasi

Terhadap Keputusan Pembelian. IQTISHADequity Jurnal MANAJEMEN,

(1), 1–10. https://doi.org/10.51804/iej.v2i1.546

Nugraheni, M. (2016). Analisis Brand Image, Kualitas Produk dan Persepsi

Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mobil Daihatsu Xenia di Wonosobo.

Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun