Analisis Harga Dan Faktor Emosional Terhadap Minat Beli Ulang Produk Scarlett Whitening Di Marketplace (Studi Kasus Pada Pengguna Produk Kecantikan Scarlet Whitening Di Kota Madiun)

Tri Murni Ningsih, Apriyanti Apriyanti, Ririh Anggraini Setyahety

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari harga, dan faktor emosional pada minat beli ulang produk scarlett whitening di marketplace khususnya konsumen di wilayah Kota Madiun. Teknik yang digunakan pada penelitian yaitu purposive sampling, sehingga diperoleh sampel peneslitian sebanyak 240 responden. Pengumpulan data menggunakan sistem sebar kuisioner pada google form. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan menggunakan software SPSS 22. Analisis pada penelitian ini dengan menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Hasil dari uji parsial pada penelitian ini menunjukkan bahwa Harga memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang pada produk kecantikan Scarlett Whitening di Marketplace Kota Madiun, Faktor emosional memiliki pengaruh terhadap minat beli ulang pada produk kecantikan Scarlett Whitening di Marketplace Kota Madiun

Full Text:

PDF

References


Adminlina. (2019). Pertumbuhan Industri Kosmetik Sentuh 9 Persen. April.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh citra merek melalui sikap konsumen terhadap niat beli ulang pada produk busana muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 553–569.

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.

Azis Husaini. (2019). Pasar produk perawatan kulit punya potensi berkembang. 14 Agustus.

Cekindo. (2021). Registrasi Kosmetik Di Indonesia.

Chaplin, J. P., & Kartono, K. (1989). Kamus lengkap psikologi.

Cindy Mega Puspita. (2020). Pendahuluan Kerangka Teori. IX(Iii), 268–275.

Compas. (2021). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. 22 April.

Danajaya, R., Waridin, W., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Pelanggan Maskapai Batavia Air Di Bandara Ahmad Yani Semarang. Diponegoro University.

Global Business Guide. (2019). Legal Updates: Updates on The Halal Law: Wait & See. Global Business Guide Indonesia. Accessed from: http://www. gbgindonesia ….

Gozhali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UN.

Hastuti, F. M. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Wardah.

Irawan, A., Gunadi, G., Ratnasari, S. L., & Wibisono, C. (2015). Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 56–65.

Kementrian Perindustrian Indonesia. (2018). Kian Kinclong, Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20 Persen. 19 Maret.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: PT. Indeks.

Kusumo, G. A. T. (2019). PENGARUH MENDENGARKAN MUROTAL TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN OSCE. DIII Keperawatan.

Liputan6.com. (2018). Pakai Lotion Pemutih Instan Wanita Ini Alami Hal Mengerikan pada Tubuhnya.

Nasti, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Andi, A., & Gerry, G. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANAK TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FAKTOR. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 44–59.

Noviana, E., McCord, C. P., Clark, K. M., Jang, I., & Henry, C. S. (2020). Electrochemical paper-based devices: Sensing approaches and progress toward practical applications. Lab on a Chip, 20(1), 9–34.

Official Scarlet. (n.d.). Scarlett Whitening.

Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh atmosfer kedai kopi terhadap emosi dan keputusan pembelian ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(2), 126.

Prasetiawan. (2021). Call for paper. 35, 1–16.

Pt, D. I., Djaja, K., & Semarang, P. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 10(1), 47–87. https://doi.org/10.14710/jspi.v10i1.47

Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan. JUMANT, 12(2), 30–44.

Singgih, S. (2014). Statistik Non Parametrik. PT. Elex Media Komputindo.

Stanton, W. J. (2018). Fundamental of Marketing. New York: Mc. Graw Hill Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Widyanto, G. (2008). MANFAAT RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA (Study Kasus Pada Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di BEJ). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Adminlina. (2019). Pertumbuhan Industri Kosmetik Sentuh 9 Persen. April.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh citra merek melalui sikap konsumen terhadap niat beli ulang pada produk busana muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 553–569.

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.

Azis Husaini. (2019). Pasar produk perawatan kulit punya potensi berkembang. 14 Agustus.

Cekindo. (2021). Registrasi Kosmetik Di Indonesia.

Chaplin, J. P., & Kartono, K. (1989). Kamus lengkap psikologi.

Cindy Mega Puspita. (2020). Pendahuluan Kerangka Teori. IX(Iii), 268–275.

Compas. (2021). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. 22 April.

Danajaya, R., Waridin, W., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Pelanggan Maskapai Batavia Air Di Bandara Ahmad Yani Semarang. Diponegoro University.

Global Business Guide. (2019). Legal Updates: Updates on The Halal Law: Wait & See. Global Business Guide Indonesia. Accessed from: http://www. gbgindonesia ….

Gozhali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UN.

Hastuti, F. M. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Wardah.

Irawan, A., Gunadi, G., Ratnasari, S. L., & Wibisono, C. (2015). Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 56–65.

Kementrian Perindustrian Indonesia. (2018). Kian Kinclong, Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20 Persen. 19 Maret.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: PT. Indeks.

Kusumo, G. A. T. (2019). PENGARUH MENDENGARKAN MUROTAL TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN OSCE. DIII Keperawatan.

Liputan6.com. (2018). Pakai Lotion Pemutih Instan Wanita Ini Alami Hal Mengerikan pada Tubuhnya.

Nasti, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Andi, A., & Gerry, G. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANAK TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FAKTOR. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 44–59.

Noviana, E., McCord, C. P., Clark, K. M., Jang, I., & Henry, C. S. (2020). Electrochemical paper-based devices: Sensing approaches and progress toward practical applications. Lab on a Chip, 20(1), 9–34.

Official Scarlet. (n.d.). Scarlett Whitening.

Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh atmosfer kedai kopi terhadap emosi dan keputusan pembelian ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(2), 126.

Prasetiawan. (2021). Call for paper. 35, 1–16.

Pt, D. I., Djaja, K., & Semarang, P. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 10(1), 47–87. https://doi.org/10.14710/jspi.v10i1.47

Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan. JUMANT, 12(2), 30–44.

Singgih, S. (2014). Statistik Non Parametrik. PT. Elex Media Komputindo.

Stanton, W. J. (2018). Fundamental of Marketing. New York: Mc. Graw Hill Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Widyanto, G. (2008). MANFAAT RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA (Study Kasus Pada Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di BEJ). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Adminlina. (2019). Pertumbuhan Industri Kosmetik Sentuh 9 Persen. April.

Ain, N., & Ratnasari, R. T. (2015). Pengaruh citra merek melalui sikap konsumen terhadap niat beli ulang pada produk busana muslim Zoya di Surabaya. Jurnal Ekonomi Syariah Teori Dan Terapan, 2(7), 553–569.

Assauri, S. (2011). Manajemen pemasaran.

Azis Husaini. (2019). Pasar produk perawatan kulit punya potensi berkembang. 14 Agustus.

Cekindo. (2021). Registrasi Kosmetik Di Indonesia.

Chaplin, J. P., & Kartono, K. (1989). Kamus lengkap psikologi.

Cindy Mega Puspita. (2020). Pendahuluan Kerangka Teori. IX(Iii), 268–275.

Compas. (2021). 10 Brand Skincare Lokal Terlaris di Online Marketplace. 22 April.

Danajaya, R., Waridin, W., & Widiyanto, I. (2012). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Beli Ulang Pelanggan Maskapai Batavia Air Di Bandara Ahmad Yani Semarang. Diponegoro University.

Global Business Guide. (2019). Legal Updates: Updates on The Halal Law: Wait & See. Global Business Guide Indonesia. Accessed from: http://www. gbgindonesia ….

Gozhali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. UN.

Hastuti, F. M. (2018). Pengaruh Kesadaran Merek, Persepsi Kualitas Dan Loyalitas Merek Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Wardah.

Irawan, A., Gunadi, G., Ratnasari, S. L., & Wibisono, C. (2015). Kualitas Pelayanan sebagai Variabel Intervening antara Kompetensi Pegawai dan Budaya Kerja terhadap Kepuasan Mitra di Pelayanan Terpadu Satu Pintu Badan Pengusahaan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas Batam. Jurnal Akuntansi, Ekonomi Dan Manajemen Bisnis, 3(1), 56–65.

Kementrian Perindustrian Indonesia. (2018). Kian Kinclong, Industri Kosmetik Nasional Tumbuh 20 Persen. 19 Maret.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2004). Dasar-Dasar Pemasaran. Edisi 9. Jakarta: PT. Indeks.

Kusumo, G. A. T. (2019). PENGARUH MENDENGARKAN MUROTAL TERHADAP PENURUNAN TINGKAT KECEMASAN MAHASISWA DALAM MENGHADAPI UJIAN OSCE. DIII Keperawatan.

Liputan6.com. (2018). Pakai Lotion Pemutih Instan Wanita Ini Alami Hal Mengerikan pada Tubuhnya.

Nasti, E., Setiawan, T. H., Warianto, H., Andi, A., & Gerry, G. (2022). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT KECERDASAN EMOSIONAL ANAK TERHADAP PELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS FAKTOR. Jurnal Lebesgue: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, Matematika Dan Statistika, 3(1), 44–59.

Noviana, E., McCord, C. P., Clark, K. M., Jang, I., & Henry, C. S. (2020). Electrochemical paper-based devices: Sensing approaches and progress toward practical applications. Lab on a Chip, 20(1), 9–34.

Official Scarlet. (n.d.). Scarlett Whitening.

Pramatatya, V., Najib, M., & Nurrochmat, D. R. (2015). Pengaruh atmosfer kedai kopi terhadap emosi dan keputusan pembelian ulang. Jurnal Manajemen & Agribisnis, 12(2), 126.

Prasetiawan. (2021). Call for paper. 35, 1–16.

Pt, D. I., Djaja, K., & Semarang, P. (2011). Analisis Pengaruh Kualitas Produk , Persepsi Harga, Dan Kualitas Layanan Terhadap Minat Beli Ulang Produk Perlengkapan Kunci Di Pt Kenari Djaja Prima Semarang. Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, 10(1), 47–87. https://doi.org/10.14710/jspi.v10i1.47

Ritonga, H. M., Pane, D. N., & Rahmah, C. A. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Emosional Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Honda Idk 2 Medan. JUMANT, 12(2), 30–44.

Singgih, S. (2014). Statistik Non Parametrik. PT. Elex Media Komputindo.

Stanton, W. J. (2018). Fundamental of Marketing. New York: Mc. Graw Hill Inc.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Manajemen. Alfabeta.

Sugiyono, P. D. (2017). Metode penelitian bisnis: pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi, dan R&D. Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Widyanto, G. (2008). MANFAAT RASIO KEUANGAN UNTUK MEMPREDIKSI PERTUMBUHAN LABA (Study Kasus Pada Perusahaan Real Estate dan Property yang terdaftar di BEJ). Universitas Muhammadiyah Surakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun