PENGARUH KOMPETENSI, KEPEMIMPINAN, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA MADIUN

Indah Permata Sari, Metik Asmike

Abstract


Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh kompetensi, kepemimpinan, motivasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja pegawai pada Dinas Lingkungan Hidup Kota Madiun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu sampling aksidental. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil nilai sig value kompetensi dan lingkungan kerja < nilai probabilitas 0.05 sedangkan nilai sig value kepemimpinan dan motivasi > nilai probabilitas 0.05 sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa kompetensi dan lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai, sedangkan kepemimpinan dan motivasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.


Full Text:

PDF

References


Badrianto, Ekhsan dan Mulyati. 2022. Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Lingkungan Kerja dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol.5 No.1.

Chanigo, Aspizain. 2017 pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta Pusat: Lentera Ilmu Cendekia

Farida dan Hartono. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia II. Unpo Press: Ponorogo.

Ghozali, Imam. 2017. Ekonometrika Teori, Konsep dan Aplikasi dengan IBM SPSS 24. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hasibuan dan Hasibuan. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Lingkungan Kerja, Disiplin Kerja Dan Kompensasi Terhadap Kinerja Karyawan PT Duta Logistik Asia Batam. Jurnal Bening Vol.8 No.1.

Hidayat, Rahmat. 2021. Pengaruh Motivasi, Kompetensi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja. Widya Cipta: Jurnal Sekretaris Dan Manajemen Vol.5 No.1.

Huseno, Tun. 2016. Kinerja Pegawai. Malang: Media Nusa Creative.

Https://rri.co.id/madiun/daerah/916303/asn-dlh-terlibatkorupsipengelolaansampah -di-tpa-winongo-tetap-berjalan.

Indrasari, Meithiana. 2017. Kepuasan Kerja dan Kinerja Karyawan. Sidoarjo: Indomesia Pustaka.

Kristianti, Affandi, Nurjaya, Sunarsi dan Rozi. 2021. Pengaruh Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Pariwisata Purwakarta. Jurnal Perkusi Vol.1 No.1.

Marbun dan Jufrizen. 2022. Peran Mediasi Kepuasan Kerja Pada Pengaruh Dukungan Organisasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Pada Kantor Dinas Ketahanan Pangan Dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah Vol.5 No.1.

Muizu, Kaltum dan Sule. 2019. Pengaruh Kepemimpinan Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Pendidikan Kewirausahaan Indonesia Vol.2 No.1.

Mulia dan Saputra. 2021. Pengaruh Kompetensi, Lingkungan Kerja dan Motivasi Berprestasi Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Sekretariat Daerah Kota Padang. Jurnal JIEE Vol.01 No.01.

Pasaribu, Junaidi Amanda. 2021. Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, Komunikasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Pegawai Di Kecamatan Badiri Kabupaten Tapanuli Tengah. Judicious Journal Of Management Vol.2 Issue 01.

Posumo, Christilia O. 2013. Kompetensi, Kompensasi, Dan Kepemimpinan Pengaruhnya Terhadap Kinerja Karyawan Pada Rumah Sakit Ratumbuysang Manado. Jurnal Emba Vol.1 No.4, Hal 646-656.

Prayitno, Mawung dan Syamsudin. 2020. Pengaruh Kompetensi, Insentif dan Motivasi terhadap Kinerja Pegawai pada Badan Narkotika Nasional Provinsi Kalimantan Tengah. Jurnal Of Environment and Mangement E-ISSN 2722-6722.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun