PENGARUH BRAND AMBASSADOR DAN KUALITAS WEBSITE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE TOKOPEDIA DENGAN CITRA PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI KASUS PADA MASYARAKAT DI KOTA MADIUN)

Indah Dwi Puspitasari, Putri Oktovita Sari, Indra Ayu Fatmala

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Pada E-Commerce Tokopedia Dengan Citra Perusahaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Masyarakat di Kota Madiun)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Pengaruh Brand Ambassador dan Kualitas Website terhadap Keputusan Pembelian pada E-commerce Tokopedia dengan Citra Perusahaan sebagai Variabel Intervening. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik  purposive sampling. Responden penelitian ini sebanyak 150 orang. Analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji hipotesis, analisis jalur dan mediasi sobel test. Hasil penelitian ini adalah: a) brand ambassador berpengaruh terhadap citra perusahaan, b) kualitas website berpengaruh terhadap citra perusahaan, c) brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian, d) kualitas website berpengaruh terhadap keputusan pembelian, e) citra perusahaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian, f) brand ambassador berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui citra perusahaan, g) kualitas website tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian melalui citra perusahaan.


Full Text:

PDF

References


Ariningrum, A. I. (2019). Analisis Pengaruh Green Product dan Brand Ambassador Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oriflame Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening ( Studi Pada Masyarakat Kebumen ). Jurnal Administrasi Bisnis, 1–6.

Badri, J., & Safitri, T. S. R. (2021). The Effect Of Ambassador Brand, Buying Interest And Testimonies On Online Purchase Decisions On Instagram On Students In Padang City. Procuratio : Jurnal Ilmiah Manajemen, 9(4), 372–380.

Bahri, S., Dhani, U. R., Yatiningrum, A., & Sisdianto, I. (2021). Pengaruh kualitas jasa, harga, dan citra perusahaan terhadap loyalitas pelanggan jasa pengiriman. PUBLIK: Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Adminsitrasi Dan Pelayanan Publik, VIII, 238–247.

Cahyati, N. M. R. D., & Mandala, K. (2017). Peran Kepercayaan Dalam Memediasi Pengaruh Kualitas Website E-commerce Terhadap Persepsi Risiko. E-Jurnal Manajemen, 6(2), 697–720.

Cindy, & Tamburian, H. . D. (2022). Pengaruh Brand Ambassaddor Didi Kempot terhadap Citra Perusahaan Shopee. Prologia, 6, 95–102.

Darmawan, T. P., & Yuliati, D. A. L. (2017). Analisis Kualitas Website Forum Jual Beli Online Shopee Di Indonesia. E-Proceeding of Management, 4(2), 1883–1887.

Fasha, A. F., Robi, M. R., & Windasari, S. (2022). Determinasi Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli : Brand Ambassador Dan Brand Image ( Literature Review Manajemen Pemasaran ). Jmpis: Jurnal Manajemen Pendididkan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 30–42.

Ferdinand, A. (2014). Metode penelitian manajemen. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Fitranadi, A. P., Widodo, T., & Goniah, G. (2021). Pengaruh Tanggung Jawab Sosial Perusahaan Terhadap Loyalitas Pelanggan Dengan Variabel Mediator Citra Perusahaan Pada Pt. Telekomunikasi Indonesia Tbk. E-Proceeding of Management, 8(6), 8113–8126.

Ghafiki, R., & Setyorini, R. (2017). Pengaruh Kualitas Website Terhadap Keputusan Pembelian Pada Situs Bukalapak.Com. E-Proceeding of Managemen, 4(1), 678–686.

Ghaisani, F. A. P., & Purbawati, D. (2019). Pengaruh Citra Merek (Brand Image) Dan Kualitas Website (Website Quality) Terhadap Keputusan Pembelian (Purchase Decision) Melalui Kepercayaan (E-Trust) Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Konsumen E-commerce Zalora.Co.Id Di Kota Semarang). Jurnal Administrasi Bisnis.

Ghozali imam. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hapsaria, K., & Priyadi, Y. (2018). Perancangan Model Data Flow Diagram Untuk Mengukur Kualitas Website Menggunakan Webqual 4.0. Jurnal Sistem Informasi Bisnis, 7(May 2017), 66–72. https://doi.org/10.21456/vol7iss1pp66-72

Hariyanto, Y., Kristianto, E., & Cia, F. (2018). Analisis Kualitas Website Universitas Dengan Metode Webqual ( Studi Kasus Web Universitas Kristen Krida Wacana ). Jurnal Teknik Dan Ilmu Komputer, 7, 339–348.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun