Pengaruh Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Sarung Tenun Ud. Kenangan

Intisari Haryanti, Yuni mantika

Abstract


Kemunculan para produsen sarung tenun yang semakin tinggi membuat ketatnya persaingan para pelaku bisnis produsen sarung tenun di Kota Bima. Sehingga menghasilkan sarung yang beragam ciri atau motif, yang berbeda, serta  bahan dan pengerjaan tak terkecuali kualitas nya juga berbeda. Hal ini menyebabkan peilaku pembelian konsumen berubah ubah setiap waktu sangat sulit di prediksi. oleh karena itu penelitian ini  bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup belanja terhadap pembelian impulsif konsumen sarung tenun pada Ud. Kenangan. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian asosiatif, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif . Populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang sudah pernah membeli sarung tenun di UD. Kenangan yang jumlahnya tidak  diketahui. sedangkan sampelnya berjumlah 50 orang dengan tehnik pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik Accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier sederhana dengan bantuan  statistik SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa shopping lifestyle secara signifikan mempengaruhi pembelian impulsive konsumen pada UD. Kenangan di Kota Bima. dan tingkat keeratan hubungan shopping lifestyle terhadap impulse buying ada pada tingkat yang kuat, sesuai dengan nilai korelasi yang menunjukkan besarnya nilainya sebesar 0,6,  atau setara dengan 67 % impulse buying dipengaruhi oleh shopping lifestyle, sedang sisanya sipengaruhi  oleh faktor lain.


Full Text:

PDF

References


Arisandi, D., & Pradana, M. N. R. (2018). Pengaruh Penggunaan Social Media Terhadap Brand Awareness Pada Objek Wisata Di Kota Batam. JMD: Jurnal Riset Manajemen & Bisnis Dewantara, 1(2), 109-116.

Azwar, S. (2011). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Deviana, N. P., & Kt.Giantar, I. A. (2016). "Pengaruh Shopping Lifestyle dan Fashion Involvement Terhadap Impulse Buying Behaviour Masyarakat di Kota Denpasar". Manajemen Unud, 5, 5248-5249. .

Ghani, Usman, & A, J. F. (2011). "An Exploratory Study of the Impulse Buying Behaviour of Urban Consumers in Peshawar". International Conference on Business ad Economics Research, 157-159.

Ghozali, I. (2006). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS.Cetakan Keempat. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Kosyu, D. A. (2014). Pengaruh Hedonic Shopping Motives Terhadap Shopping Lifestyle dan Impulse Buying,. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB).

Kotler, P. (2004). Manajemen Pemasaran, Edisi milenium. Jakarta: PT. Indeks Kelompok Gramedia.

Kotler, P., & Amstrong. (2007). Manajemen Pemasaran Jilid Pertama. Jakarta: PT. Indeks.

Nawari. (2010). Analisis Regresi dengan MS Excel 2007 dan SPSS. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Prastia, E. F. (2013). "Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement dan Hedonic Shopping Value Terhadap Impulse Buying Behaviour Pelanggan Toko Elizabeth Surabaya". Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, 7.

Putra, F. K. (2018). Pengaruh Shopping Lifestyle, Usia dan Gender Terhadap Impulse Buying Produk Fashion (Survey Pada Konsumen Produk Fashion di Malang Town Square (MATOS)).

Sugiyono (2013). Metodologi penelitian kuantitatif dan kualitatif r&d. Bandung. Alfabeta

Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemaasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Utami, O., & Rastini, N. (2015). "Pengaruh variabel demografi, kualitas layanan, atmosfer toko pada Impulse Buying Di Hypermart Mall". E-Jurnal Manajemen Unud, 4(5), 1229-1237.

I Gusti Ayu Imbayani dan Ni Nyoman Ari Novarini (2018) Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying Behavior. Jurnal Ilmiah Manajemen & Bisnis. Volume 3, No. 2. 2528-2077.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun