Pengaruh Leverage, Sales Growth, Ukuran Perusahaan, Dan Profitabilitas Terhadap Manajemen Laba Pada Perusahaan Asuransi Yang Terdaftar Di Bei Periode 2016-2020

Merta Ervinanda, Liliek Nur Sulistiyowati, Putri Oktovita Sari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh leverage, sales growth, ukuran
perusahaan, dan profitabilitas terhadap manajemen laba pada perusahaan asuransi yang
terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2016-2020. Penelitian ini merupakan
pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Populasi dalam penelitian ini
adalah seluruh perusahaan asuransi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode
2016-2020. Pemilihan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling yang diperoleh
sebanyak 12 sampel perusahaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik
deskriptif, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis dengan regresi linier berganda
menggunakan bantuan program SPSS Statistic versi 17. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa secara parsial leverage tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap
manajemen laba. Ukuran perusahaan memiliki pengaruh namun tidak signifikan terhadap
manajemen laba, sedangkan sales growth dan profitabilitas memiliki pengaruh yang
signifikan terhadap manajemen laba. Secara simultan leverage, sales growth, ukuran
perusahaan, dan profitabilitas memiliki pengaruh yang signifikan terhadap manajemen laba.


Full Text:

PDF

References


Dechow, P. M., G., Sloan Richard, & Sweeney, A. P. (1996). Causes And

Consequences Of Earnings Of Firms Subject To Enforcement Action By The

Sec. Contemporary Accounting Research, 13(1), 1–36. Https://WwwProquestCom.Ez.Sun.Ac.Za/Results/5e37cb447c4d47f0pq/1?Accountid=14049

Effendi, B. (2020). Manajemen Laba: Kontribusi Profitabilitas, Ukuran

Perusahaan, Dan Leverage Pada Perusahaan Tekstil Dan Garmen Yang

Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia. Statera: Jurnal Akuntansi Dan

Keuangan, 2(2), 159–166. Https://Doi.Org/10.33510/Statera.2020.2.2.159-

Fadjarenie, A., & Anisah, Y. A. N. (2016). Pengaruh Corporate Governance Dan

Sales Growth Terhadap Tax Avoidance (Studi Empiris Pada Perusahaan

Otomotif Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2014). Star -

Study & Accounting Research, Xiii(3), 48–58.

Www.Idx.Co.Id%0awww.Stiestembi.Ac.Id/?&C=Jurnal-Star

Handayani, M., & Hariyani, D. S. (2019). Analisa Pengaruh Financial Distress

Terhadap Earning Management (Studi Pada Perusahaan Manufaktur Yang

Terdaftar Di Bei 2014-2017. Simba, 1068–1081.

Hapsoro, D., & Annisa, A. A. (2017). Pengaruh Kualitas Audit, Leverage, Dan

Growth Terhadap Praktik Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi, 5(2), 99–110.

Https://Doi.Org/10.24964/Ja.V5i2.272

Hasty, A. D., & Herawaty, V. (2017). Pengaruh Struktur Kepemilikan, Leverage,

Profitabilitas Dan Kebijakan Dividen Terhadap Manajemen Laba Dengan

Kualitas Audit Sebagai Variabel Moderasi. Media Riset Akuntansi, Auditing

& Informasi, 17(1), 1. Https://Doi.Org/10.25105/Mraai.V17i1.2023

Lestari, K. C., & Wulandari, S. O. (2019). Pengaruh Profitabilitas Terhadap

Manajemen Laba (Studi Kasus Pada Bank Yang Terdaftar Di Bei Tahun

- 2018). Jurnal Akademi Akuntansi, 2(1), 20–35.

Miftakhunnimah, A. D., Juanda, A., & Syam, D. (2020). Pengaruh Financial

Distress, Leverage, Profitabilitas, Dan Ukuran Perusahaan Terhadap

Manajemen Laba. Jurnal Akuntansi Indonesia, 16(2), 106–114.

Nahar, M., & Erawati, T. (2017). Pengaruh Npm, Fdr, Komite Audit,

Pertumbuhan Usaha, Leverage Dan Size Terhadap Manajemen Laba.

Akuntansi Dewantara, 1(1), 63–74.

Ningrum, R. A., Novitasari, N. L. G., & Widhiastuti, N. L. P. (2021). Analisis

Faktor-Faktor Yang Berpengaruh Terhadap Nilai Perusahaan. E-Journal

Unmas.

Oktarianisa, S. (2019). General Ele


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun