PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DENGAN MINAT BELI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (STUDI EMPIRIS PADA KONSUMEN BINTANG TOEDJOE MASUK ANGIN DI MADIUN)

Rispha Diyahayu Primadani, Hari Purwanto, Septyana Luckyta Sari

Abstract


Penelitian ini berjudul “Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian dengan Minat Beli sebagai Variabel Intervening (Studi Empiris pada Konsumen Bintang Toedjoe Masuk Angin di Madiun).Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan mengetahui : a) pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap keputusan pembelian, b) pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Minat Beli, c) Minat Beli memediasi Celebrity Endorser dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian. Jenis Penelitian ini yaitu Penelitian Kuantitatif. Jumlah sampel yang digunakan yaitu 100 responden. Metode pengambilan sampel yaitu dengan cara purposive sampling. Pengambilan data menggunakan kuesioner dengan penyebaran melalui google form. Teknik analisis data menggunakan path analisis melalui software SPSS 16.0. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : a) Celebirity Endorser (X1) dan Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian (Y), b) Celebrity Endorser (X1) dan Brand Image (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Minat Beli (Z), c) Minat Beli (Z) mampu memediasi Celebrity Endorser (X1) dan Brand Image (X2) terhadap Keputusan Pembelian (Y).

Full Text:

PDF

References


Ayni, M., Triharyono, A., & Minarsih, maria m. (2015). Pengaruh Intensitas

Penayangan Iklan, Harga, Dan Credibility Celebrity Endorser Terhadap

Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada

Kosmetik Wardah. Jurnal Manajemen Pemasaran FE UNPAND, 1–21.

Azwar, I. R., & Siswanto. (2015). Beban Kerja, Implikasinya Terhadap Motivasi

Kerja Dengan Kemampuan Kerja Sebagai Variabel Intervening Pada

Karyawan Bank Umkm. Jurnal Keuangan Dan Perbankan, 19(3), 475–487.

Darmansyah, Salim, M., & Bachri, S. (2014). Pengaruh Celebrity Endorser

terhadap Keputusan Pembelian Produk di Indonesia (Penelitian Online).

Jurnal Aplikasi Manajemen, 12(2), 230–238.

Faridlotul Chusnah1, S. P. H. & S. S. (2015). “Pengaruh Celebrity Endorser dan

Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sabun Mandi Lux Pada

Mahasiswa S-1 FISIP UNDIP Semarang.” Diponegoro Journal Of Social

And Political Of Science, 37, 1–8. https://doi.org/10.12816/0013114

Ginting, A. F. (2017). Laporan Praktik Kerja Lapangan Pada Pt. Bintang

Toedjoe Divisi Pemasaran.

Kabaressy, M., & DW, H. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Iklan, Dan, Citra

Merek (Brand Image) Terhadap Keputusan Penggunaan Tolak Angin (Studi

Kasus Pada Pengguna Tolak Angin Di Kota Semarang). Jurnal Ilmu

Administrasi Bisnis S1 Undip, 6(4), 327–333.

Kamilah, G., & Wahyuati, A. (2017). Pengaruh Labelisasi Halal Dan Brand Image

Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset

Manajemen, 6(2), 1–18.

Margaretha Fiani S, E. J. (2012). Analisa Pengaruh Food Quality dan Brand

Image Terhadap Keputusan Pembelian Roti Kecik Toko Roti Ganep’s di

Kota Solo. Jurnal Manajemen Pemasaran, 1, 1–6.

Nafilah, K., Widarko, A., & Suharto, M. K. A. B. (2015). Pengaruh Kualitas

Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Dan Minat Beli Sebagai

Variabel Intervening (Study Kasus Pada Mahasiswa Feb Universitas Islam

Malang Yang Mengkonsumsi Mie Instan). Jurnal Riset Manajemen, 53(9),

–1699.

Negara, A. . N. D. E., Arifin, Z., & Nuralam, I. P. (2018). Pengaruh Kualitas

Produk dan Brand Image Terhadap Minat Beli (Survei Pada Pembeli Di

Gerai Starbucks Di Kota Surabaya). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 61(2),

–209.

Nggilu, M. A. L. T. W. D. (2019). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser,

Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Geprek Bensu

Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan

Akuntansi, 7(3), 2691–2700. https://doi.org/10.35794/emba.v7i3.23720

Ningrum, N. (2016). E-Issn : 2407-7305 Pengaruh Event Dan Brand Image

Terhadap Minat Beli Produk Rokok Sampoerna a Mild Pada Pt Hm

Sampoerna E-Issn : 2407-7305. E-Jurnal Manajemen Kinerja, 2(1), 1–13.

Pramelani. (2017). Pengaruh Tayangan Iklan TV Terhadap Brand Image Bejo

Bintang Toedjoe Masuk Angin. Ilmu Komunikasi (J-IKA), 2(2), 124–130.

http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/jika


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun