PENGARUH STRUKTUR MODAL DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Diah Ayu Permadani, Maya Novitasari, Puji Nurhayati

Abstract


In general, all companies must increase the value of the company in order to achieve its main goal, namely the welfare of company owners and shareholders. The purpose of this study was to determine the effect of capital structure and corporate social responsibility on firm value with profitability as a moderating variable in various industrial sector companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the period 2014-2019. The data used is secondary data from the IDX and the company's website. The population of this research is all companies in the various industrial sectors, totaling 270 companies. The sampling technique used purposive sampling method in order to obtain 169 companies. The data analysis technique used moderate regression analysis (MRA). Data was processed using IBM SPSS Statistics v.20. The results showed that capital structure had no effect on firm value, corporate social responsibility had no effect on firm value, profitability was able to moderate the relationship between capital structure and firm value, and profitability was not able to moderate the relationship between corporate social responsibility and firm value.

Keywords: Capital Structure, Corporate Social Responsibility, Company Value, Profitability


Full Text:

PDF

References


Ang Swat Lin Lindawati, & Puspita, M. E. (2015). CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY : IMPLIKASI STAKEHOLDER DAN LEGITIMACY GAP DALAM PENINGKATAN KINERJA PERUSAHAAN. Jurnal Akuntansi Multiparadigma, 6(1), 157–174.

Apriada, K., & Suardikha, M. S. (2016). struktur modal; perputaran modal kerja; kebijakan dividen; nilai perusahaan, profitabilitas. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(2), 201–218.

Ayem, S., & Ginting, B. H. B. (2020). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING PADA PERUSAHAAN KELOMPOK LQ45 YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2014-2018. Jurnal Riset Akuntansi, 05(01), 1– 13.

Chasanah, A. N. (2018). PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, PERUSAHAAN PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2015-2017. Jurnal Penelitian Ekonomi Dan Bisnis, 3(1), 39–47.

STRUKTUR MODAL DAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA

Efriyanti, F., & Genevine, S. (2012). ANALISIS PERBANDINGAN PENGUNGKAPAN DAN PELAKSANAAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP PT BANK NEGARA INDONESIA. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 3(2), 267–280.

Fajriana, A. (2016). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, KEPUTUSAN INVESTASI, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Nominal, 5(2), 16–28.

Fauzi, A. S., Suransi, N. K., & Alamsyah. (2016). PENGARUH GCG DAN CSR TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL PEMODERASI. Jurnal Investasi, 12(1), 1–19.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 25.

Harsana, Yusniar, M. W., & Juniar, A. (2020). Pengaruh Kepemilikan Saham, Keputusan Pendanaan, CSR dan Kinerja Keuangan terhadap Nilai Perusahaan Jasa Konstruksi. Jurnal Riset Inspirasi Manajemen Dan Kewirausahaan, 4(2), 53–67. https://doi.org/https://doi.org/10.35130/jrimk

Israel, C., Mangantar, M., & Saerang, I. S. (2018). PENGARUH STRUKTUR MODAL, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI. Jurnal Emba, Vol 6(No 3), 118–1127.

Jayanti, F. D. (2018). Pengaruh profitabilitas, struktur modal, Likuiditas, dan Ukuran Perusahaan terhadap nilai perusahaan. Jural Bingkai Ekonomi, 3(2), 34–44.

Kusumadilaga, R. (2010). PENGARUH CORPORA TE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN

PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Skripsi.

Liu, A. M., Irwansyah, & Fakhroni, Z. (2016). PERAN AGENCY COST REDUCTION DALAM MEMEDIASI HUBUNGAN ANTARA CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILTY DENGAN NILAI PERUSAHAAAN. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 18(2), 141– 156.

Lubis, I. L., Sinaga, B. M., & Sasongko, H. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS, SRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Aplikasi Bisnis Dan Manajemen, 3(3), 458–465. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17358/jabm.3.3.458

Mariani, D. (2018). Pengaruh Enterprise risk management disclosure, Intelectual Capital Disclosure dan Corporate Social responsibility Disclosure terhadap ilai Perusahaan dengan Profitablitas sebagai Variabel Moderasi. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan, 7(2), 119–137.

Meidiawati, K. (2016). PENGARUH SIZE, GROWTH, PROFITABILITAS, STRUKTUR MODAL, KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 5(2), 1–16.

Misbahuddin, & Hasan, I. (2013). Analisis data penelitian dengan statistik.

Novalia, F., & Nindito, M. (2016). PENGARUH KONSERVATISME AKUNTANSI DAN ECONOMIC VALUE ADDED TERHADAP PENILAIAN EKUITAS PERUSAHAAN. 11(2), 1–151.

Oktrima, B. (2017). PENGARUH PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN (Studi Empiris: PT. Mayora Indah, Tbk. Tahun 2011 – 2015). Manajemen Akuntansi, 01(01), 101–107.

Panjaitan, M. J. (2015). Pengaruh Tanggungjawab Sosial Perusahaan terhadap Nilai Perusahaan dengan Profitabilitas sebagai Variabel Moderasi dan Intervening. Jurnal Tekun, 6(1), 54–81.

Paranita, E. S., Suhaji, & Setyawan, D. J. (2017). PERGERAKAN INDEKS HARGA SAHAM GABUNGAN DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHINYA. Jurnal Studi Manajemen Organisasi, 2. http://ejournal.undip.ac.id/index.php/smo

Pujiningrat, S. A., & Budiyanto. (2018). PENGARUH PENGUNGKAPAN CSR DAN GCG TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(5), 1–19.

Purwita, I. K., Gama, A. W. S., & Astiti, N. P. Y. (2019). PENGARUH CORPORA TE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Seminar Nasional INOBALI.

Putri, H. F. D., Susyanti, J., & Salim, M. A. (n.d.). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING (studi kasus pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di BEI periode 2015-2017). E-Jurnal Riset Manajemen.

Putri, H. F. D., Susyanti, J., & Salim, M. A. (2019). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, STRUKTUR MODAL, DAN LIKUIDITAS TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Riset Manajemen, 8(8).

Rahayu, M., & Sari, B. (2018). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI NILAI PERUSAHAAN. IKRAITH-HUMANIORA, 2(2), 69–76.

Ramadhani, A., Qomari, N., & Sutupo. (2021). PENGARUH STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PERTUMBUHAN DAN PROFITABILITAS SEBAGAI PEMODERASI. UBHARA Management Journal, 1(1), 111–121.

Rizaldi, I. P. A., Mendra, N. P. Y., & Novitasari, L. G. (2019). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY, PROFITABILITAS, DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Riset Akuntansi, 9(2), 112–121.

Sakinah, & Ibrahim, M. (2017). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) DAN STRUKTUR MODAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN DI BURSA EFEK INDONESIA. Jurnal Fisip, 4(2), 1–15.

Sari, P. Y., & Priantinah, D. (2018). PENGARUH KINERJA KEUANGAN DAN CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY (CSR) TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PADA BANK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2011-2015. Jurnal Nominal, 7(1), 111–125.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Bisnis Pendekatan kuantitatif, kualitatif, kombinasi dan R&D.

Sunaryo, I., Widarno, B., & Suharno. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Akuntansi Dan Saham Teknologi Informasi, 14, 211–221.

Surya, L. P. (2018). PENGARUH CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATING. Jurnal Ilmu Dan Riset Akuntansi, 7(1), 1–18.

Telaumbanua, H., Marbun, M., Simanjutak, V. A., Sembiring, E. A. B., & Aruan, D. A. (2021). PENGARUH STRUKTUR MODAL, PERPUTARAN MODAL KERJA, KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERATIG PADA PERUSAHAAN INFRASTRUKTUR YANG TERDAFTAR DIBURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2015-2018. Jurnal Krisna Kumpulan Riset Akuntansi, 12(2), 266–277. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22225/kr.11.2.1154.190-196

Tenriwaru, & Nasaruddin, F. (2020). PENGARUH PENGUNGKAPAN CORPORA TE SOCIAL RESPONSIBILITY TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITAS SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Jurnal Ajar, 3(1), 68–87.

Widianto, H. (2017). ANALISIS STRUKTUR MODAL PT BERLIAN LAJU TANKER TBK PERIODE 2003-2016(PERUSAHAAN PELAYARAN TERBESAR Y ANG HAMPIR BANGKRUT KARENA BURUKNY A STRUKTUR MODAL. Jurnal Ilmu-Ilmu Kemaritiman, Manajemen Dan Transportasi, 14(25), 79–98.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun