PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, LOKASI, CITRA PERUSAHAAN, DAN WORD OF MOUTH TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA PENGIRIMAN

Dian Putri Hayati, Diyah Santi Hariyani, Dian Citaningtyas Ari Kadi

Abstract


Lokasi, Citra, dan Word Of Mouth, terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman baik secara simultan maupun parsial dimana jasa pengiriman seperti ini sudah semakin banyak pesaingnya. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Populasi sebanyak 525 dan sampel peneliatian sebanyak 227 orang pengguna jasa TIKI Madiun. Penelitian ini menggunakan Purposive Sampling dan pada tahap analisis akan digunakan uji validitas dan uji reabilitas yang selanjutnya uji hipotesis menggunakan regresi linier berganda serta dilakukan uji asumsi klasik dengan bantuan program IBM SPSS 24. Hasil penelitian ini yaitu: (1) adanya pengaruh secara parsial kualitas layanan, terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman TIKI Cabang Kota Madiun. (2) adanya pengaruh harga terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman TIKI Cabang Kota Madiun, (3) adanya pengaruh lokasi terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman TIKI Cabang Kota Madiun, (4) adanya pengaruh citra terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman TIKI Cabang Kota Madiun, (5) adanya pengaruh Word Of Mouth terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman TIKI Cabang Kota Madiun, dan(6) adannya pengaruh secara simultan antara variabel kualitas layanan, harga, lokasi, citra perusahaan, word of mouth, terhadap keputusan pengguna jasa pengiriman TIKI Cabang Kota Madiun.

Kata Kunci: Kualitas Layanan, Harga, Lokasi, Citra Perusahaan, Word Of Mouth, dan Keputusan Pengguna.

Full Text:

PDF

References


Astuti, R., & Abdullah, I. (2018). Pengaruh Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Usaha Mikro Kecil Menengah. Kumpulan Penelitian Dan Pengabdian Dosen, 1(1).

Febriano. Et al 2018. Analisis Pengaruh Harga, Promosi, Lokasi DanKualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt. Indomaret Manado Unit Jalan Sea. Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan ManajemenUniversitas Sam Ratulangi Manado,ISSN 2303-1174.

Friska (2020) bisnis logistic dan jasa kurir melesat.(Online) https://www.republika.co.id/berita/qjvf9q370/bisnis-logistik-dan-jasa-kurir-melesat-saat-pandemi. (diakses 02 Februari 2021)

Hakim, M. L., Cahyono, D., & Herlambang, T. (2019). Dampak Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit Daerah Dr. Soebandi Jember. Jurnal Sains Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 9(1), 1-13

Hariyani, D. S. (2019). Ketepatan Model Prediksi Financial Distress Pada Perusahaan Retail Di Indonesia. Jurnal Nusantara Aplikasi Manajemen Bisnis, 4 (4), 117-127.

Harjati, L., & Venesia, Y. (2017). Pengaruh kualitas layanan dan persepsi harga terhadap kepuasan pelanggan pada maskapai penerbangan Tiger Air Mandala. E-Journal Widya Ekonomika , 1 (1), 64-74.

Hendratono, T., & Santosa, A. D. (2018). Pengaruh Persepsi Harga Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Travel Agent Traveloka Di Jakarta. Jurnal Hospitality dan Pariwisata, 3(2).

Indah, D. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga dan Lokasi terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Pengiriman Barang PT. Citra Van Titipan Kilat Kota Langsa. Jurnal Samudra Ekonomika, 3(1), 1-8.

Joesyiana, K. (2018). Pengaruh word of mouth terhadap keputusan pembelian konsumen pada media online shop shopee di pekanbaru. Jurnal Valuta Vol, 4(1).

Kadi, D., & Setyanta, B. (2021). ANTESENDEN DARI KEPUASAN PENGGUNA TELEPON SELULER MERK VIVO DI MADIUN. Jurnal Ilmiah Bisnis Dan Ekonomi Asia, 15(1), 109-117. https://doi.org/10.32815/jibeka.v15i1.364

Kotler, P., & Armstrong, G. (2016). Prinsip-prinsip Pemasaran. Edisi13. Jilid 1. Erlangga.

Kotler, P., & Keller, K. (2016). Marketing Management 15th Edition. Prentice Hall.

Lotulung, S. C., Lapian, J., & Moniharapon, S. (2015). Pengaruh kualitas produk, harga, dan wom (word of mouth) terhadap keputusan pembelian handphone evercoss pada cv. tristar jaya globalindo manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 3(3).

Murad, S., & Ali, M. (2015). An Empirical Study On Brand Image And Customers’ Willingness To Pay A Price Premium For Packaged Food Brands. Kuwait Chapter of the Arab Journal of Business and Management Review, 5(1).

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian (1 st ed) Jakarta: Kencana

Purwandari, S. 2015. Pengaruh Kualitas Layanan, Citra, Lokasi dan Kualitas Pengajar Terhadap Word Of Mouth dengan Kepuasan Sebagai Pemediasi (Studi pada Politeknik Indonesia Surakarta). Jurnal Sainstech Politeknik Indonesia Surakarta, 2 (4).

Putra, A. B. (2015). Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Pelanggan Yang Menggunakan Jasa Pengiriman Di Kantor Pos Besar Kota Malang). Jurnal Administrasi Bisnis, 18(1).

Rohman, Altofu, dan Aglis Andhita H. 2017. “Analisis Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Pengiriman (Study Kasus Pada Pengguna Jasa Jne Express Across Nations Cabang Nganjuk).” CAPITAL.

Saputra, G. W., & Ardani, I. G. A. K. S. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Word of Mouth, Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian. E-Jurnal Manajemen Universitas Udayana, 9(7), 2596.

Setiawan, EB, Kartini, D., Afiff, F., & Rufaidah, P. (2016). Impact Of Price Fairness On Brand Image And Purcase Intention For Low Cost Car In Indonesia. Int. J.

Shahid, Z., Hussain, T., & Zafar, F. (2017). The Impact of Brand Awareness on The consumers’ Purchase Intention 33 (3), 34-38. Ekonomi. Komer. Kelola , 4 (9), 300-308.

Sitio, V. S. S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Citra Merek Terhadap Keputusan Pembelian Pada Jasa Pengiriman Pt. TIKI. Jurnal Ilmiah M-Progress. Alfabeta.

Sugiyono, P. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Syahfutra, N. A. (2017). Analisis Pengaruh Kualitas Jasa, Harga, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Dalam Memakai Jasa Penerbangan Citilink.

Wahyuni, N. K. S. Y., & Ekawati, N. W. (2018). Peran Kepuasan Pelanggan dalam memediasi kualitas layanan terhadap word of mouth (Doctoral dissertation, Udayana University).

Wayuni, D. (2018). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Citra Perusahaan Dan Word Of Mouth Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa (Studi Pada Pengguna JNE di Kebumen). Jurnal Manajemen Pemasaran, 1-7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun