Pengaruh Restaurant Image Terhadap Word of Mouth Dengan Customer Satisfaction Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Pada Rumah Makan 2 Fat Guys Di Madiun)

Precilia Rista Ningsih

Abstract


Abstrak

Penelitian ini berjudul “Pengaruh Restaurant Image terhadap Word Of Mouth dengan Customer Satisfaction sebagai variabel Intervening (Studi Pada Rumah Makan 2 Fat GuyS Di Madiun)”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh restaurant image terhadap word of mouth dengan customer satisfaction sebagai variabel intervening yang dilaksanakan di rumah makan 2 Fat Guys di Madiun. Dalam penelitian ini jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kuantitatif, dengan teknik pengambilan data melalui penyebaran kuesioner. Sample dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan metode pengumpulan data yang disebut purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 150 responden.Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik Analisis Regresi dan Path Analysis melalui software SPSS.Selain itu, untuk menguji hipotesis kedua dan ketiga dilakukan uji Sobel untuk

menguji hubungan variabel intervening yang ada di dalam hipotesis tersebut. Berdasarkan hasil dari Uji t, ditemukan (1) Bahwa variabel Restaurant Image (X) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Customer Satisfaction (Z) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai alpha 0.05. (2) Bahwa variabel Customer Satisfaction (Z) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Word Of Mouth (Y) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari nilai alpha 0,05. (3) Bahwa variabel Restaurant Image (X) secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Word Of Mouth (Z) dengan nilai signifikansi sebesar 0.000 lebih kecil dari alpa 0,05. (4) Bahwa variabel Restaurant Image (X) terhadap Word Of Mouth (Y) melalui Customer Satisfaction (Z) berpengaruh signifikan dengan nilai signifikansi sebesar  6.4421 lebih besar dari 1,96 dengan tingkat signifikansi 0,05.


Full Text:

XML

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun