PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, KUALITAS PELAYANAN DAN PERSEPSI RESIKO TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNAAN JASA PENGIRIMAN SISTEM CASH ON DELIVERY PT POS INDONESIA DI KABUPATEN MADIUN
Abstract
Cash on Delivery atau yang biasa disebut COD merupakan inovasi pelayanan di tengah maraknya
era e-commerce khususnya belanja online. Inovasi tersebut dapat memudahkan konsumen khususnya
yang bertempat tinggal jauh dari perkotaan. Hanya dengan diam di rumah barang sudah diantarkan
bahkan dibayar langsung saat menerima Salah satu inovasi terbaru yang diluncurkan oleh PT. Pos
Indonesia yaitu sistem Cash On Delivery, suatu fasilitas pengiriman barang atau produk belanja
online dimana pembeli tidak langsung membayar kepada penjualnya. Berdasarkan hal tersebut,
peneliti bertujuan mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, kualitas layanan dan persepsi
risiko terhadap keputusan penggunaan.
Penelitian yang dilakukan pada konsumen yang pernah menggunakan maupun sudah terdaftar di
COD di Kantor Pos Madiun ini dengan sampel berjumlah 245 yang diperoleh karena banyaknya
populasi yang berjumlah 630. Penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. Pengujian
data diperoleh dari hasil kuesioner yang diberikan kepada responden.
Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan (1) Variabel kepercayaan secara parsial tidak
memberikan pengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen., (2) Varibel keamanan secara
parsial menunjukan adanya pengaruh signifikan antara keamanan terhadap keputusan konsumen. ,
(3) Variabel kualitas pelayanan secara parsial tidak ada pengaruh signifikan kualitas layanan
terhadap keputusan konsumen, (4) Variabel Persepsi secara resiko menunjukan tidak ada pengaruh
signifikan persepsi resiko terhadap keputusan konsumen, dan (5) Variabel secara parsial
Kepercayaan, keamanan, kualitas layanan dan persepsi resiko ada pengaruh positif dan signifikan
secara simultan terhadap keputusan konsumen.
Kata Kunci: Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Persepsi Resiko, Keputusan Penggunaan
Full Text:
PDFReferences
Daftar Pustaka
Aedi, N. (2010). Instrumen penelitian dan pengumpulan data. Bahan Belajar Mandiri
Metode Penelitian Pendidikan, 16. http://file.upi.edu/Direktori/DUALMODES/PENELITIAN_PENDIDIKAN/BBM_7.pdf
Alwafi, F., & Magnadi, R. H. (2016). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan
Bertransaksi, Kepercayaan Terhadap Toko Dan Pengalaman Berbelanja Terhadap
Minat Beli Secara Online Pada Situs Jual Beli Tokopedia.Com. Journal of
Management, 5(2), 1–15.
Anandita, F. B. A. A., & Saputra, S. D. (2014). Analisis Pengaruh Kepercayaan,
Keamanan, Kualitas Pelayanan, dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan
Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan,
(2), 203–210.
Atmaja, K. V. W., Sujana, I. N., & Suwena, K. R. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan
dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan pada PT. Pos Cabang Singaraja. Jurnal
Pendidikan Ekonomi Undiksha, 10(1), 12. https://doi.org/10.23887/jjpe.v10i1.20039
Baskara, I. P., & Hariyadi, G. T. (2014). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan,
Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Akan Resiko Terhadap Keputusan Pembelian
Melalui Situs Jejaring Sosial. Jurnal Ekonomi Bisnis, 2011, 1–15.
CNN Indonesia. (2020). Tren dan Peluang Industri E-Commerce di Indonesia 2020.
CNN. https://www.cnnindonesia.com/teknologi/20200205204206-206-472064/trendan-peluang-industri-e-commerce-di-indonesia-2020
Demanda, F. O., Dipersembahkan, S., Fakultas, U., & President, B. (2018). KEPUASAN
PELANGGAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI THROWBACK
COFFEE + KITCHEN.
Dwiyanto, M. G., Fauzi, A., & Rini, E. S. (2019). The Effect of Trust , Safety , Service
Quality and Risk Perception on Online Purchasing Decisions on Lazada ECommerce ( Study of Students of the Faculty of Economics and Business ,
Universitas Sumatera Utara ). 6(October), 67–72.
Farokha, D. R., & Syafi’i, A. (2012). Kualitas Pelayanan Pengiriman POS Express di
PT. POS Indonesia Cabang Baratajaya Surabaya. 58–67.
Gaol, F. L., & Chen, E. (2019). The Influence Of Security, Trust, Service Quality and
Risk Perception In B2C E-Commerce Againts People’s Online Purchasing Decisions
(survey On Costumer Of Tokopedia). International Journal of Advanced Science
and Technology, 124, 103–110.
GDILAB. (2017). Infografis: Industri Jasa Logistik di Twitter (3). GDILAB.
https://www.gdilab.com/read/1758/infografis-industri-jasa-logistik-di-twitter-3/
Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan
Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak
Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business
Administration, 2(1), 152–165. https://doi.org/10.30871/jaba.v2i1.763
Hidayati, L. N. (2018). Pengaruh Harga, Kepercayaan, Keamanan, dan Persepsi Akan
Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Nike Melalui Instagram. Jurnal Ilmu
Dan Riset Manajemen, 7(11).
Iskandar, D., & Nasution, M. I. B. (2019). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan
dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Online Shop Lazada
SNK © 2019 Published by UMSU (Studi Kasus Pada Mahasiswa/i FEB UMSU).
PUSKIBII (Pusat Kewirausahaan , Inovasi Dan Inkubator Bisnis ), 1(1), 128–137.
https://doi.org/10.30596/snk.v1i1.3590
Kesuma, E., Amri, & Shabri, M. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kepercayaan
Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Sulthan Hotel Banda Aceh. Jurnal Manajemen,
(4), 176–192.
Kusumah, R. (2015). Analize The Effect Of Trust , Price , Quality And Perceived Risk
Toward Consumer Purchase Behavior In Online Shops Instagram. Jurnal Berkala
Ilmiah Efisiensi, 15(05), 355–366.
Mauludiyahwati, S. (2017). Pengaruh Antara Kepercayaan, Keamanan, Kualitas
Pelayanan dan Persepsi Risiko Menggunakan E-commerce Terhadap Keputusan
Pembelian Online. In Universitas Negeri Yogyakarta.
https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004
Permatasari, C. D. W. (2015). Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Resiko Dan
Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Universitas Dian
Nuswantoro.
Putra, I. P. A. P., Sukaatmadja, I. P. G., & Giantari, I. G. A. K. (2016). Pengaruh Persepsi
Kemudahan Penggunaan, Persepsi Risiko, Terhadap Kepercayaan dan Niat Beli ETicket Pada Situs Traveloka. E-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Universitas Udayana,
(9), 3007–3030.
Saleh, A. M. (2014). PSC 7 : Service Quality. Muwafik Center.
http://muwafikcenter.lecture.ub.ac.id/2014/05/psc-7-service-quality/
Setyowati, E., & Chulaifi, M. (2018). Pengaruh Kualitas Pelayanan , Persepsi Harga Dan
Kepercayaan Terhadap Kepuasan Konsumen Jasa Travel Umrah Dan Haji Pada Pt .
Sebariz Warna Berkah Di Surabaya. Penelitian LPPM Untag Surabaya, 03(01), 40–54
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun