PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI KALANGAN GEN Y (Studi Kasus Pada Pembeli Maju Hardware Megastore Madiun)
Abstract
horizons and knowledge, expand friendships and facilitate communication is the reason
of Y generation needs a smartphone that has the latest features. Many factors that cause
Y generation in choosing a smartphone. This background makes researcher limit this
research to consumer preference factors and product features. The purpose of this study
is to provide empirical evidence of the influence of consumer preferences and product
features on smartphone purchasing decisions among Y Generation. The data collection
technique used is a questionnaire. Data analysis uses multiple linear regression
analysis, t test, F test and coefficient of determination. The results show that: (1)
Consumer preferences have a significant partial effect on smartphone purchasing
decisions among Y Generation; (2) Product features have a significant effect on
smartphone purchase decisions among Y Generation
Full Text:
PDFReferences
Fernando, Aldri Dolly dan Mayliza, Riri. (2019). Pengaruh Persepsi dan Preferensi
Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji Fried Chicken
Pada D’Besto di Kota Padang Cabang Siteba. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi
Ilmu Ekonomi KBP.
Ginting, Nembah F. Hartimbul. (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama
Widya.
Hidayatullah, Syarif. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi
Go-Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 6(2)240-249.
Indarto, Rossi Prasetya. (2011). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bundling
Kartu GSM Dengan Smartphone (Studi Terhadap Bundling Smartphone Oleh
Telkomsel dan XL). Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Magister Manajemen
Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.
Islamey, Zulhazmi Alem (2019) Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan
Pembelian Laptop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah
Surakarta). Publikasi Ilmiah. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan
Bisnis Univesitas Muhammadiyah Surakarta.
Jasaputra, Dian Krisanti dan Santosa, Slamet. (2008) Metodologi Penelitian Biomedis.
Jilid 2. Bandung: Danamartha Sejahtera Utama.
Kotler, P., & Keller, K. L (a). (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta:
Erlangga.
Laheba, Yitzhak Armando, Willem J.F Alfa Tumbuan, Djurwati Soepeno. (2015).
Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian
Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal
EMBA. 3(3)99-108
Mc Crindle Research. (2012). Generations defined sociologically.
http://mccrindle.com.au/resources/Diakses pada tanggal 69 Mei 2020
Nurhasanah, Iis Ariska. (2018) Pengaruh Preferensi dan Motivasi Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Kosmeik Bersertifikat Halal (Studi Perbandingan Pada
Mahasiswa Univesitas Islam Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sunan
Kalijaga Yogyakarta). Artikel ilmiah. Program Pascasarjana Fakultas Ilmu
Agama Islam Universita Islam Indonesia.
Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.
Jakarta. Salemba Empat.
Putra, Putu Agus Wira & Seminari, Ni Ketut. (2014). Pengaruh Fitur, Layanan
Pelengkap dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (StudiSeminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA)
IIFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun
Oktober 2020
Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Udayana
Denpasar). E-Jurnal Manajemen. 3(8)2349-2362
Sari, Hutami Permita. (2016) Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga
Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di
DIY). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.
Simamora, Henry. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian
Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.
Tjiptono. F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian.
Yogyakarta: CV. Andi.
Utami, Gandys Marisha. (2018) Pengaruh Merek dan Fitur Terhadap Keputusan
Konsumen Dalam Membeli Smartphone di Yogyakarta dengan Rasionalitas
Ekonomi Islam Sebagai Moderating. Naskah Publikasi. Program Studi Ekonomi
Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.
Wicaksana, Galuh Wahyu. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain
Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada PT. Anugerah Putra Siantan. Jurnal
Valtech. 2(2)34-39
Wijaya, Agung. (2015). Preferensi Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan
Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi Pada Pengguna Produk Rinso di
Kota Bandar Lampung). Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan
Ilmu Politik Universitas Lampung.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office:
Universitas PGRI Madiun
Kampus 3 Lantai 2
Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Jl. Auri no. 14-16 Madiun