PENGARUH PREFERENSI KONSUMEN DAN FITUR PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE DI KALANGAN GEN Y (Studi Kasus Pada Pembeli Maju Hardware Megastore Madiun)

Agustin Mardiningtyas

Abstract


The ease of accessing information whenever and wherever so as to broaden your
horizons and knowledge, expand friendships and facilitate communication is the reason
of Y generation needs a smartphone that has the latest features. Many factors that cause
Y generation in choosing a smartphone. This background makes researcher limit this
research to consumer preference factors and product features. The purpose of this study
is to provide empirical evidence of the influence of consumer preferences and product
features on smartphone purchasing decisions among Y Generation. The data collection
technique used is a questionnaire. Data analysis uses multiple linear regression
analysis, t test, F test and coefficient of determination. The results show that: (1)
Consumer preferences have a significant partial effect on smartphone purchasing
decisions among Y Generation; (2) Product features have a significant effect on
smartphone purchase decisions among Y Generation

Full Text:

PDF

References


Fernando, Aldri Dolly dan Mayliza, Riri. (2019). Pengaruh Persepsi dan Preferensi

Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Makanan Siap Saji Fried Chicken

Pada D’Besto di Kota Padang Cabang Siteba. Artikel Ilmiah. Sekolah Tinggi

Ilmu Ekonomi KBP.

Ginting, Nembah F. Hartimbul. (2012). Manajemen Pemasaran. Bandung: Yrama

Widya.

Hidayatullah, Syarif. (2018). Perilaku Generasi Milenial dalam Menggunakan Aplikasi

Go-Food. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 6(2)240-249.

Indarto, Rossi Prasetya. (2011). Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Bundling

Kartu GSM Dengan Smartphone (Studi Terhadap Bundling Smartphone Oleh

Telkomsel dan XL). Tesis tidak diterbitkan. Program Studi Magister Manajemen

Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Islamey, Zulhazmi Alem (2019) Analisis Pengaruh Atribut Produk Terhadap Keputusan

Pembelian Laptop (Studi Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah

Surakarta). Publikasi Ilmiah. Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan

Bisnis Univesitas Muhammadiyah Surakarta.

Jasaputra, Dian Krisanti dan Santosa, Slamet. (2008) Metodologi Penelitian Biomedis.

Jilid 2. Bandung: Danamartha Sejahtera Utama.

Kotler, P., & Keller, K. L (a). (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Edisi 13, Jakarta:

Erlangga.

Laheba, Yitzhak Armando, Willem J.F Alfa Tumbuan, Djurwati Soepeno. (2015).

Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian

Handphone Samsung (Studi Pada Mahasiswa FEB Unsrat Manado). Jurnal

EMBA. 3(3)99-108

Mc Crindle Research. (2012). Generations defined sociologically.

http://mccrindle.com.au/resources/Diakses pada tanggal 69 Mei 2020

Nurhasanah, Iis Ariska. (2018) Pengaruh Preferensi dan Motivasi Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Kosmeik Bersertifikat Halal (Studi Perbandingan Pada

Mahasiswa Univesitas Islam Indonesia dan Universitas Islam Negeri Sunan

Kalijaga Yogyakarta). Artikel ilmiah. Program Pascasarjana Fakultas Ilmu

Agama Islam Universita Islam Indonesia.

Peter, J. Paul dan Jerry C. Olson. 2013. Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran.

Jakarta. Salemba Empat.

Putra, Putu Agus Wira & Seminari, Ni Ketut. (2014). Pengaruh Fitur, Layanan

Pelengkap dan Garansi Terhadap Keputusan Pembelian Handphone (StudiSeminar Inovasi Manajemen Bisnis dan Akuntansi (SIMBA)

IIFakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas PGRI Madiun

Oktober 2020

Kasus Pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Univesitas Udayana

Denpasar). E-Jurnal Manajemen. 3(8)2349-2362

Sari, Hutami Permita. (2016) Pengaruh Citra Merek, Fitur, dan Persepsi Harga

Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Pada Konsumen Smartphone Xiaomi di

DIY). Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta.

Simamora, Henry. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Bagian

Penerbitan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi YKPN.

Tjiptono. F. (2010). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. 2014. Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan dan Penelitian.

Yogyakarta: CV. Andi.

Utami, Gandys Marisha. (2018) Pengaruh Merek dan Fitur Terhadap Keputusan

Konsumen Dalam Membeli Smartphone di Yogyakarta dengan Rasionalitas

Ekonomi Islam Sebagai Moderating. Naskah Publikasi. Program Studi Ekonomi

Islam Fakultas Ilmu Agama Islam Universitas Islam Indonesia.

Wicaksana, Galuh Wahyu. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Fitur dan Desain

Terhadap Keputusan Pembelian Mebel Pada PT. Anugerah Putra Siantan. Jurnal

Valtech. 2(2)34-39

Wijaya, Agung. (2015). Preferensi Dan Persepsi Konsumen Terhadap Keputusan

Pembelian Produk Ramah Lingkungan (Studi Pada Pengguna Produk Rinso di

Kota Bandar Lampung). Skripsi Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Sosial dan

Ilmu Politik Universitas Lampung.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun