PENGARUH MEDIA SOSIAL FACEBOOK DAN INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI HOME INDUSTRY (MADIUN JAJAN) MADIUN

Ike Ambar Rian Sari

Abstract


Information technology, especially the internet, greatly influences the world of marketing. The search for information and the ease of use of social media are the most important stages for decision making in shopping on social media. The purpose of this study is to provide empirical evidences of the influence of Facebook and Instagram on purchasing decisions on the Madiun Home Industry (MadiunJajan).

This research was conducted on MadiunJajan consumers. Data collection techniques using a questionnaire. Data analysis uses multiple regression analysis, t test and coefficient of determination.

The results showed that:(1) Facebook had a positive and significant effect on purchasing decisions, meaning that the better the use of Facebook, the greater the purchase decision;(2)Istagram had a positive and significant effect on the purchase decision, meaning that the better the use of Instagram, the greater the purchase decision .

Keywords: facebook, instagram, purchase decision


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Fidyah, Nurul. 2017. Efektivitas Iklan Produk Kosmetik Wardah Melalui Media Sosial Instagram (Studi Pada Follower @wardahbeauty pada Media Sosial Instagram). Skripsi. Program Studi Administrasi Bisnis. Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Indrawan, R. & Yaniawati R.P. 201). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Campuran Untuk Manajemen, Pembangunan, dan Pendidikan. Bandung: Penerbit PT Refika Aditama.

Putri, Citra Sugianto. 2016. Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Cherie Melalui Minat Beli. Performa Jurnal Manajemen dan Startup Bisnis. Vol. 1. No. 5 Desember 2016. Fakultas Manajemen dan Bisnis Universitas Ciputra.

Rodhiah, Richa. 2016. Pengaruh Promosi online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Strudel Di Kota Malang (Studi Pada Konsumen Malang Strudel jl. Ardimulyo No. 14 Singosari Kab. Malang). Skripsi. Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sujarweni, V. Wiratna. 2015. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Utami, Agustin Dyah dan Triyono, Ramadian Agus, 2012. Pemanfaatan Blackberry Sebagai Sarana Komunikasi dan Penjualan Batik Online dengan Sistem Dropship di Batik Solo 85. Journal Speed. Vol. 3 No. 3. Sentra Penelitian Engineering dan Edukasi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

 

 

 

 

 

 

Editorial Office:

Universitas PGRI Madiun

Kampus 3 Lantai 2

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

Jl. Auri no. 14-16 Madiun