Pembelajaran berbasis media kreatif untuk gerak lokomotor siswa sekolah dasar

Fatkhul Imron, Widha Srianto

Abstract


Inovasi pembelajaran merupakan salah satu syarat utama tercapainya kualitas pembelajaran. Guru harus mampu mendesain pembelajaran yang berkualitas dengan berbagai macam inovasi dan kreativitas. Rendahnya motivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran merupakan salah satu akibat dari rendahnya inovasi dan kreativitas desain pembelajaran yang dikembangkan oleh guru. Desain pembelajaran berbasis media kreatif adalah salah satu alternatif bagi para guru pendidikan jasmani untuk menyampaikan pembelajaran yang berkualitas. Guru dapat menganalisa terlebih dahulu karakteristik siswa, memanfaatkan media kreatif, untuk mencapai tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat berpartisipasi aktif dalam pembelajaran. Media kreatif yang dikembangkan dapat memanfaatkan media-media yang tidak terpakai seperti kardus, kalender dan media lain yang dapat dikembangkan secara kreatif sesuai dengan tujuan materi yang diajarkan. Pemanfaatan media kreatif yang dikembangkan oleh guru bertujuan agar siswa dapat mengikuti pembelajaran dengan motivasi tinggi dan terlibat aktif dalam aktivitas pembelajaran yang disajikan dalam bentuk permainan. Siswa secara tidak langsung mempraktikkan materi gerak lokomotor khususnya aktivitas berlari dan melompat yang didesain dalam bentuk permainan dengan tujuan pengembangan aspek kerjasama, kompetisi, kebugaran dan keterampilan sesuai dengan tujuan pembelajaran pendidikan jasmani.


Full Text:

PDF

References


Aini, M. (2006). Identifikasi anak dengan gangguan emosi dan perilaku di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Khusus, 2, 2, 1858-0998.

Depdiknas. (2008). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Sekolah Dasar I-VI.

Jakarta: CV. Timur Raya.

Erwin, S. K. (2010). Efektivitas Belajar Mandiri dengan Menggunakan Compat Disc (CD) Pembelajaran dan Modul Matakuliah Pendidikan Kesehatan Sekolah. Seminar Olahraga Nasional: FIK UNY.

Fatkhul, I. (2018) Implementasi Permainan Media Kreatif untuk Materi Gerak Lokomotor Siswa Kelas 3 SD di Kecamatan laweyan Surakarta. Jurnal Trihayu. Vol.5 No.2. FKIP.UST.

Goldstei, J. (2012). Play in children’s development, health and well-being. Netherlands: Utretcht University.

Joko, S. (2010). Enam Hari Jago SPSS 17. Yogyakarta : Cakrawala

Punaji. (2010). Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana

Rusman. (2013). Model-model pembelajaran: Mengembangkan profesionalisme guru Ed. 2. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D).Bandung: ALFABETA.

Yudha M. S. (2001). Dasar-Dasar Keterampilan Atletik, Pendekatan Bermain untuk Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP). Jakarta: Depdiknas. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Bekerja Sama Dengan Direktorat Jenderal Olahraga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.