Hubungan antara emotional intellegence dan hardiness terhadap daya tahan stres atlet totally blind (Buta Menyeluruh) di Pelatnas NPCI Tahun 2019

Muhammad Endra Sukmana, Agus Kristiyanto, Hanik Likustyawati

Abstract


Daya tahan stres merupakan kemampuan seseorang untuk bertahan atau menghadapi tekanan dalam menjalani kehidupan. Tentu ada upaya yang harus dilakukan untuk mendapatkan suatu daya tahan stres, beberapa diantaranya adalah kemampuan mengontrol diri, optimisme dalam keinginan mencapai sesuatu, kemampuan mengidentifikasi permasalahan, dll. Daya tahan stres pada seseorang juga bisa dipengaruhi oleh aspek psikologis misalnya emotional Intelligence dan kepribadian hardiness. Penelitian ini dilakukan dalam upaya mengetahui, 1) Hubungan Emotional Intelligence terhadap Daya tahan stres, 2) Hubungan Hardiness terhadap Daya Tahan Stress, 3) Hubungan Emotional Intelligence dan Hardiness terhadap Daya tahan Stres pada Atlet Totally Blind di Pelatnas NPCI 2019. Penelitian ini menggunakan metode Korelasional, yakni menggunakan hubungan untuk membuat prediksi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini ditentukan menggunakan teknik Purposive Sampling, yakni Atlet Disabilitas netra dengan klasifikasi Totally Blind yang berjumlah 22 Atlet. Instrumen yang digunakan adalah skala Emotional Intelligence, Skala Hardiness, dan Skala Daya Tahan Stres. Hasil analisis regresi berganda menghasilkan nilai Fhitung adalah 9.297 (> Ftabel 3.49) dengan nilai signifikansi sebesar 0.002 (p < 0.05), dan nilai R2 dalam penelitian ini adalah 4.95 atau 49.5%, dengan sumbangan efektif Emotional Intelligence sebesar 12.2% dan Hardiness sebesar 37.3%. Korelasi masing-masing variabel secara parsial, Emotional intelligence menunjukkan nilai signifikansi 0.086 (p > 0.05), dan Hardiness  menunjukkan nilai signifikansi 0.002 ( p < 0.05). Penelitian ini memiliki kesimpulan, antara lain: Tidak terdapat hubungan signifikan antara Emotional intelligence dengan Daya Tahan Stres, Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Hardiness dengan Daya Tahan Stres, dan Terdapat hubungan positif yang signifikan antara Emotional intelligence dan Hardiness terhadap Daya Tahan Stres pada Atlet Totally Blind di Pelatnas NPCI Tahun 2019

Full Text:

PDF

References


Agustian, A.G. 2001. Rahasia Sukses Membangun Kecerdasan Emosi dan Spiritual ESQ. Jakarta: Arga

Azwar, S. 2007. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Brown, Rhonda F., and Nicola S. Schutte. 2006. “Direct and Indirect Relationships between Emotional Intelligence and Subjective Fatigue in University Students.” Journal of Psychosomatic Research 60(6): 585–93.

Connor, KM, and JR Davidson. 2003. “Connor-Davidson Resilience Scale ( CD-RISC ) © Manual.” 2(18): 76–82.

Laborde, S., F. Dosseville, and M. S. Allen. 2016. “Emotional Intelligence in Sport and Exercise: A Systematic Review.” Scandinavian Journal of Medicine and Science in Sports 26(8): 862–74.

Mund, Pallabi. 2016. “Kobasa Concept of Hardiness ( A Study with Reference to the 3Cs ).” International Research Journal of Engineering, IT & Scientific Research 2(1): 34–40.

Schutte, Nicola S. et al. 1998. “Development and Validation of a Measure of Emotional Intelligence.” Personality and Individual Differences 25(2): 167–77.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.