ANALISA APLIKASI PENCARIAN PENGINAPAN DI KOTA MADIUN BERBASIS MULTIPLATFORM

Fatim Nugrahanti

Abstract


Perkembangan Teknologi membuat semua kebutuhan dihubungankan  dengan Teknologi. Salah satunya ketika kita akan mengunjungi tempat pariwisata, saat membutuhkan tempat untuk menginap . Madiun merupakan salah satu kota yang ada di Jawa Timur, Madiun terkenal sebagai kota agraris. Madiun memiliki 8 perguruan tinggi yang terdaftar, dengan jumlah penduduk sebesar 175 Juta jiwa menjadikan Madiun merupakan suatu kota yang sangat menjanjikan sebagai pusat perputaran uang. Salah satu pusat perputaran niaga adalah pariwisata dan perhotelan atau penginapan. Kota Madiun memiliki banyak tempat wisata, lebih dari 21 tempat wisata yang ada di eks karisidenan Madiun sehingga menjadi salah satu tujuan  pariwisata di Jawa Timur. 

              Banyaknya tempat pariwisata  menjadikan Madiun sebagai tempat rekreasi serta tempat tinggal sementara untuk para wisatawan.  Dari data yang didapat peneliti dari web yang berfokus pada tempat tinggal sementara penginapan (hotel) : pegipegi.com, traveloka.com, booking.com dan nativeindonesia.com, hanya terdapat 19 tempat penginapan di kota Madiun padahal jumlah tersebut belum semuanya terekspos keluar, masih banyak penginapan-penginapan yang dapat digunakan oleh para wisatawan baik lokal ataupun mancanegara untuk tinggal sementara dalam menikmati pariwisata kota yang ada. Pada penelitian ini, peneliti menganalisa seberapa jauh penggunaan  aplikasi  pencarian tempat peningapan atau tempat tinggal sementara yang disesuaikan dengan dana yang dimiliki, atau fasilitas yang diinginkan bahkan jarak dari tempat wisata yang ingin dituju dengan menggunakan beberapa platform yang dipergunakan. 

                 Peneliti berharap akan dapat membantu pengunjung dapat memilih tempat tinggal sementara dan menikmati pariwisata kota Madiun. Dengan menganalisa aplikasi ini diharapkan akan dapat membantu pengunjung menemukan lokasi tempat tinggal sementara sekitar 40% - 65% dari keadaan sebelum menggunakan aplikasi yang dibangun peneliti.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.