PENERAPAN PEMBELAJARAN PEER INSTRUCTION BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS

Inung Diah Kurniawati

Abstract


Kemampuan berpikir kritis sangat diperlukan oleh seorang mahasiswa. Kemampuan ini perlu diasah, untuk bekal mahasiswa di dunia kerja nantinya. Salah satu cara untuk mengasah kemampuan ini, melalui proses pembelajaran, salah satunya pada mata kuliah fisika. Mata kuliah fisika dianggap membosankan oleh sebagian mahasiswa, khususnya mahasiswa teknik informatika. Hal ini, berdampak pada hasil pembelajaran yang kurang maksimal. Oleh sebab itu, perlu dilakukan inovasi pembelajaran agar mahasiswa mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritisnya. Salah satu cara yang dapat dilakukan dengan penerapan pembelajaran peer instruction berbantuan media pembelajaran interaktif.

Penelitian ini dilaksanakan di Universitas PGRI Madiun pada program studi teknik informatika. Penelitian ini dirancang dengan penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas dilakukan untuk merefleksikan proses dalam pembelajaran yang telah berlangsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi dan tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis statistik deskriptif dan perhitngan gain score.

Hasil analisis data pada penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatkan kemampuan berpikir kritis mahasiswa dari tiap siklus yang diberikan. Hal ini ditunjukkan dari peningkatan gain score dari siklus I sebesar 0,43 menjadi sebesar 0,8 pada siklus II. Perhitungan gain score tersebut menunjukkan bahwa pembelajaran peer instruction berbasis multimedia interaktif dapat meningkatkan kualitas kemampuan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.