Pengembangan Modul Digital Interaktif Pada Mata Pelajaran Teknologi Layanan Jaringan

Rini Indra Wati, Syaad Patmanthara, Triyanna Widiyaningtyas, Risa Augusta Murti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk merancang, mengembangkan, dan menguji kelayakan modul digital interaktif pada mata pelajaran Teknologi Layanan Jaringan Kelas XI Semester 1 untuk kompetensi keahlian Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Negeri 2 Malang. Modul digital ini digunakan sebagai alternatif sumber belajar. Modul digital dikembangkan menggunakan model pengembangan 4D, dimana langkah-langkahnya terdiri dari: define, design, develop, disseminate. Hasil data kuantitatif uji coba modul digital adalah sebagai berikut: (1) Uji coba ahli materi memperoleh nilai sebesar 92,04%; (2) Uji coba ahli media memperoleh nilai sebesar 95%; dan (3) Uji coba pengguna memperoleh nilai sebesar 85,39%. Secara keseluruhan hasil uji coba memperoleh nilai sebesar 90,81%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa modul digital yang dikembangkan dinyatakan layak digunakan tanpa adanya revisi.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Daryanto. 2013. Menyusun Modul; Bahan Ajar untuk Persiapan Guru dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Daryanto & Dwicahyono, A. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Silabus, RPP, PHB, Bahan Ajar). Yogyakarta: Gava Media.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia.

Haritz. 2013. Pembuatan Buku Digital. Jakarta: Southeast Asian Ministers of Education Organization Regional Open Learning Centre (SEAMOLEC).

International Digital Publishing Forum. 2016. EPUB Publications 3.0. (Online), (http://www.idpf.org/epub), diakses diakses 8 Agustus 2017.

Kurniasih, I & Sani, B. 2014. Panduan Membuat Bahan Ajar (Buku Teks Pelajaran) sesuai dengan Kurikulum 2013. Surabaya: Kata Pena.

Maryani, I & Fatmawati, L. 2015. Pendekatan Scientific dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Mulyatiningsih, E. 2013. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Musfiqon. 2012. Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Mustafa, Z. 2013. Mengurai Variabel Hingga Instrumentasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Nesbit, J.; Belfer, K.; & Leacock, T. Learning Object Review Instrument (LORI) Version 1.5, (Online), (http://www.transplantedgoose.net/gradstudies/educ892/LORI1.5.pdf), diakses 5 November 2018.

Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum SMK/MAK. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan (online), (http://psmk.kemdikbud.go.id), diakses 5 Januari 2019.

Prastowo, A. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif; Menciptakan Metode Pembelajaran yang Menarik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Diva press.

Sadiman, A.S. 2010. Media Pendidikan: Pengertian Pengembangan dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Shobirin, M. 2016. Konsep dan Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Yogyakarta: Deepublish.

Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.

Universitas Negeri Malang. 2017. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah: Tugas Akhir, Skripsi, Tesis, Disertasi, Artikel, Makalah, dan Laporan Penelitian Edisi Keenam. Malang: Universitas Negeri Malang.

Yamin, M. 2013. Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi

Hestanto. (2018). Model Air Terjun (Waterfall Model). Website. https://www.hestanto.web.id/model-air-terjun-waterfall-model/

Howard, G. (2015). Database Design and Implementasi. Leeds Beckett University.

Pratama, B., & Riyanto, S. (2020). Perancangan Aplikasi Gerbang Absensi Siswa Berbasis Web dan Arduino di SMK Negeri Kare (Studi Kasus Pada SMK Negeri Kare). Journal of Computer and Information Technology, 3(2), 34–42. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Riyanto, S., & Mumtahana, H. A. (2018). Analisis Implementasi Pembelajaran Statistik Berbasis Praktikum Aplikasi Software SPSS. Seminar Nasional, Hasil Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UNIPMA, 29–36.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.