Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android Pada SDN01 Manisrejo Madiun

Rizky Faiq Akbar, Sekreningsih Nita

Abstract


Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Android Pada SD Negeri 01 Manisrejo Kota Madiun dapat digunakan untuk memberikan pembelajaran yang lebih bervariasi, dapat mengakses materi tanpa batas, memberikan pembelajaran yang tidak monoton dan juga dapat meningkatkan minat dalam proses belajar. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat kendala yaitu penyampaian materi yamg kurang menarik, bahasa jawa dianggap rumit dan membosankan, waktu pembelajaran kurang. Media pembelajaran ini dibuat untuk  membantu guru dan murid agar mempermudah proses belajar mengajar bahasa Jawa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang dan membangun serta hasil implementasi pengujian media pembelajaran bahasa Jawa berbasis Android pada SD Negeri 01 Manisrejo. Metode yang digunakan dalam mengembangkan sistem ini adalah metode RAD (Rapid Application Development). Hasil penelitian ini dapat bermanfaat bagi guru dan siswa siswi dalam kegitan belajar mengajar bahasa Jawa. Media Pembelajaran ini berfungsi untuk membantu proses pembelajaran khsusnya belajar pelajaran bahasa Jawa agar lebih maksimal dan efektif dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh karena itu, dengan adanya media pembelajaran bahasa Jawa berbasis android ini dapat meningkatkan kualitas dan minat siswa siswi untuk belajar bahasa Jawa.

Full Text:

PDF

References


A Purba, R., Simarmata, J., Rahma AUM, W. O., Darsin, Jamaludin, Ichwani, A., Arni, S., Praseptiawan, M., Anshari Nur, M. N., & Takdir Muslihi, M. (2022). Pengembangan Sistem Informasi: Analisis, Pemodelan, dan Perangkat Lunak. Yayasan Kita Menulis.

Alfarisy F, Marginingtiastuti S, Dkk. (2022). Penyebab Pergeseran Penggunaan Bahasa Jawa Krama oleh Kalangan Muda di Desa Banyudono. Jurnal Ilmu Humaniora, 06(1).

Azila, M. N., & Febriani, I. (2021). Pengguanan Tingkat Tutur Bahasa Jawa Pada Komunitas Pasar Krempyeng Pon-Kliwon di Desa Ngilo-ilo Kabupaten Ponorogo (Kajian Sosiolinguistik). Metahumaniora, 11(2). https://doi.org/10.24198/metahumaniora.v11i2.34998

Delima, R., Santosa, H. B., & Purwadi, J. (2017). Development of Dutatani Website Using Rapid Application Development. IJITEE (International Journal of Information Technology and Electrical Engineering), 1(2). https://doi.org/10.22146/ijitee.28362

Dwi Rahayu, D., Halimatus Sakdiyah, S., & Delawanti Chrisyarani, D. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate CC Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Kelas IV. Sistem-Among: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(3).

Huda, I. (2020). Research & Learning in Primary Education Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) Terhadap Kulaitas Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Asmar, 2(1).

Junirianto, E., & Kurniadin, N. (2020). Pengembangan Aplikasi Point Of Sale Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development. JOINTECS (Journal of Information Technology and Computer Science), 5(3). https://doi.org/10.31328/jointecs.v5i3.1564

Kurniawan, B., K., I. B., Widiastuti, N. P. K., & Ahmad, R. A. R. (2022). Media Pembelajaran Multimedia Interaktif EPIC 5C Berbasis CBL. Jurnal Edutech Undiksha, 9(2).

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2). https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Musliadi, & Herlina. (2019). Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition. In Pemrograman Aplikasi Android dengan Android Studio, Photoshop, dan Audition.

Prabowo, I. A., Wijayanto, H., Yudanto, B. W., & Nugroho, S. (2020). Buku Ajar Pemrograman Mobile Berbasis Android. In Buku Ajar Pemrograman Mobile Berbasis Android.

Pramono, A., & Mufit, F. (2022). Design of Cognitive Conflict-Based Interactive Multimedia Using Adobe Animate CC 2019 On Global Warming Materials. Jurnal Geliga Sains: Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2). https://doi.org/10.31258/jgs.10.2.89-100

Profita, A., Ifan, A. N., & Burhandenny, A. E. (2022). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Digitalisasi UKM Industri Busana Muslim. Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI), 6(2). https://doi.org/10.30872/jurti.v6i2.8096

Putri, W. L., & Jarti, N. (2022). Rancang Bangun Manajemen Akuntansi Berbasis Web Mobile. In Rancang Bangun Manajemen.

Sasti, P. M. (2017). Istilah satuan ukuran dalam bahasa Jawa. Bala Bahasa Jawa Tengah.

Satyaputra, A., & Aritonang, E. M. (2014). Beginning Android Programming with ADT Bundle: Panduan Lengkap untuk Pemula Menjadi Android Programmer. In Jakarta: Elex Media Computindo.

Sri Maruti, E. (2016). Pembelajaran Bahasa Jawa di Sekolah Dasar. Cv. Ae Media Grafika.

Susanti, D., & Nurdiana, N. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi Terhadap Kualitas Pelayanan Mahasiswa. JSiI (Jurnal Sistem Informasi), 5(2). https://doi.org/10.30656/jsii.v5i2.774

Ulya, H., Laily, N. H., & Hakim, M. L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Pai Dengan Menggunakan Video Explanasi, Pop Up dan Kahoot. Edudeena: Journal of Islamic Religious Education, 4(1). https://doi.org/10.30762/ed.v4i1.1868

Wibowo, T. (2019). Media Pembelajaran Matematika. Magnum Pustaka Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.