Implementasi Sistem Pengelolaan Nilai Dan Buku Induk Siswa Berbasis Website

Muhamad Arifin

Abstract


SMPN 3 Maospati merupakan sekolah menengah pertama yang terletak di jalan raya Maospati kecamatan Maospati kabupaten Magetan Setiap siswa harus di data dalam buku besar yang disebut buku induk siswa. Pengolahan nilai dan buku induk siswa di SMPN 3 Maospati telah sesuai dengan prosedur yang berlaku, namun proses yang dilakukan masih belum menerapkan digitalisasi. Pada dasarnya buku induk tersebut sangat penting bagi sekolah sebagai database yang didalamnya memuat berbagai macam informasi dan data diri siswa. kegiatan pengisian buku induk siswa diawali dengan pemberian formulir nilai siswa dari staff tata usaha kepada wali kelas dalam bentuk file yang dikirimkan melalui aplikasi whatsapp. Wali kelas akan melakukan pengisian nilai siswa yang diperoleh dari para guru pengajar kemudian melalui form yang telah terisi tersebut wali kelas akan mengembalikan lagi kepada bagian tata usaha untuk selanjutnya disalin secara manual ke dalam buku induk, hal tersebut sangat berpengaruh pada kinerja staff tata usaha dalam pengelolaan buku induk sehingga kegiatan pengelolaan buku induk dinilai masih kurang maksimal. Untuk memudahkan pengolahan nilai dan buku induk siswa di SMPN 3 Maospati merasa perlu mengembangkan sistem informasi untuk pengelolaan nilai dan buku induk siswa. Dapat disimpulkan dari permasalahan tersebut maka dibuatlah sistem pengelolaan nilai dan buku induk siswa sekolah berbasis website menggunakan metode Rapid Application Development (RAD). Dengan diterapkannya sistem ini diharapkan dapat mempermudah dan mengurangi kesalahan-kesalahan yang mungkin terjadi. Sistem ini juga diharapkan dapat mempercepat dalam proses pengelolaan data yang dapat membantu SMPN 3 Maospati.

Full Text:

PDF

References


Anamisa, devie rosa, & Muffaroha, fifin ayu. (2020). dasar pemograman web teori & implementasi (HTML, CSS, Javascript, Codeigniter) (T. M. Publishing (ed.)). Media Nusa Creative.

Anggini, I. T., Riana, A. C., Suryani, D., & Wulandari, R. (2022). Pengelolaan Kurikulum dan Pembelajaran. Jurnal Multidisipliner, 1(3), 398–405.

Bekti, H. B. (2015). Dreamweaver CS6, CSS, dan JQuery (Th. Arie Prabawati (ed.)). C.V ANDI OFFSET.

Danny, M., & Daimin. (2022). Sistem Informasi Pemesananan Tiket Tour and Travel Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall Pada Camelia Travel. Jurnal Teknologi Pelita Bangsa, 13(1), 59–66.

Darmawan, D., & Permana, D. H. (2013). Desain dan Pemograman Website (Nita (ed.)). PT REMAJA ROSDAKARYA.

Dr. Wahyudi, S.T., M. . (2022). Javascript untuk aplikasi web (S. P. Pradana (ed.)). EUREKA MEDIA AKSARA.

Effendy, E., Siregar, E. A., Fitri, P. C., & Ibnu Alif Syahbana Damanik. (2023). Mengenal Sistem Informasi Manajemen Dakwah (Pengertian Sistem, Karakteristik Sistem). Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(2), 4343–4349.

Fajar, M. M., & Chotijah, U. (2022). Sistem Informasi Manajemen Layanan Kearsipan (Si Malak) Berbasis Web. Jurnal Informatika Dan Teknik Elektro Terapan, 10(3).

Fitri, R. (2020). Pemograman basis data menggunakan Mysql (R. Fauzan (ed.)).

Hasnidar. (2020). Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yayasan Kita Menulis.

Hidayat, A., Yani, A., & Saadulloh, R. (2022). Membangun Website SMA PGRI Gunung Raya Ranau Menggunakan Php dan Mysql. JTIM: Jurnal Teknik Informatika Mahakarya, 03(2), 37–44.

Noviana, R. (2022). Pembuatan aplikasi penjualan berbasis web monja store menggunakan php dan mysql. Jurnal Teknik Dan Science (JTS), 1(2), 112–124.

Ramadhan, M. F., & Afriansyah, H. (2019). Adminitrasi Peserta Didik. Jurnal Pendidikan, 0(0), 1–5.

Renaldy, & Rustam, A. (2022). Perancangan Sistem Informasi Inventory berbasis Web pada Gudang di PT. SPIN WARRIORS. Aisyah Journal of Informatics and Electrical Engineering, 4(1), 27–32.

Rinta, A. S., Febriana, D., & Wulandari, R. (2022). Strategi Pengelolaan Pemasaran Pendidikan Anak Usia Dini. Jurnal Multidisipliner Bharasumba, 1(1), 198–205.

Setiawan, A. C. (2015). Dahsyatkan Aplikasi PHP dengan JavaScript.

Setyawan, A. F., Ariyanto, A. D. P., & Citra, A. D. P. (2023). ProBisnis : Jurnal Manajemen Design and Development of an Online Queue Administration System in Health Services ( Study Case : Klinik Halyna Pageruyung Kendal ). Jurnal Manajemen, 14(12), 222–230.

Siswanto, E. (2017). Kupas Tuntas Pemprograman PHP.

Wei, N. (2023). A PHP Implementation of a Smart Tourism Management System under A Cloud Computing Platform. International Journal of Science and Engineering Applications, 12(04), 138–140.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.