Rancang Bangun Media Pembelajaran IPA Untuk Sekolah Dasar Berbasis Web

Davit Adi Saputra, Sekereningsih Nita

Abstract


Di SDN Kincang 3 Kabupaten Madiun memiliki permasalahan yang dialami oleh siswa dan siswi, yaitu permasalahan terhadap metode pembelajaran pada mata pelajaran IPA dengan tema organ gerak hewan dan manusia. Metode pembelajaran yang digunakan berupa pembelajaran konvensional dan belum adanya pengembangan dari pembelajaran tersebut. Sekolah ini masih menerapkan kurikulum K13. Dengan adanya permasalahan tersebut, peneliti membuat solusi yaitu dengan merancang dan membangun aplikasi media pembelajaran. Pada penelitian ini menggunakan metode waterfall, yaitu terdapat 4 tahapan berupa analisis kebutuhan, desain sistem, implementasi dan pengujian. Pada desain perancangan sistem menggunakan flowchart dan HIPO diagram serta diuji dengan penguian blackbox dengaan hasil semua menu berjalan normal dan dapat digunakan oleh siswa – siswi SD. Sehingga membuat siswa dan siswi menjadi termotivasi dalam belajar IPA


Full Text:

PDF

References


Duwi Wahyuningtias, E., Niswatul Fauziah, H., Kusumaningrum, A. C., & Rokmana, A. W. (2021). Ide Guru IPA dalam Melaksanakan Praktikum di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Tadris IPA Indonesia, 1(2), 129–137. https://doi.org/10.21154/jtii.v1i2.164

Hidayat, T., & Muttaqin, M. (2018). Pengujian sistem informasi pendaftaran dan pembayaran wisuda online menggunakan black box testing dengan metode equivalence partitioning dan boundary value analysis. Jurnal Teknik Informatika UNIS, 6(1), 2252–5351. www.ccssenet.org/cis

Kurniawan, B. (2022). Media Pembelajaran multimedia interaktif epic 5c berbasis cbl.

penerbit widiana. https://www.google.co.id/books/edition/MEDIA_PEMBELAJARAN_MULTIMEDIA_INTERAKTIF/0b9bEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=0&kptab=morebyauthor

Mufidah, L. (2022). Validitas Media Pembelajaran Berbasis Web pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas VIII di SMP Lailatul Mufidah *, Mohammad Wildan Habibi Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam , Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Ke. Bioeduca : Journal of Biology Education, 4, 57–66.

Muhyidin, Y., Totohendarto, M. H., Undamayanti, E., & Salsabilla, C. N. (2022). Perbandingan Tingkat Keamanan Website Menggunakan Nmap Dan Nikto Dengan Metode Ethical Hacking Comparison of Website Security Levels Using Nmap and Nikto With Ethical Hacking Methods. Teknologika, 12(1), 1–10. https://jurnal.wastukancana.ac.id/index.php/teknologika/article/view/143

Nurseto, T. (2012). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi Dan Pendidikan, 8(1), 19–35. https://doi.org/10.21831/jep.v8i1.706

Rianto, I. S. K. M. T. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Lakeisha. https://books.google.co.id/books?id=E2wYEAAAQBAJ

Safitri, A., Putri, F. S., Fauziyyah, H., & Prihantini, P. (2021). Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19 dalam Penerapan Kurikulum 2013. Jurnal Basicedu, 5(6), 5296–5304. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1631

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, 1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.