Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Sekolah Dasar Berbasis Web

Kriska Cahya Huda, Sekreningsih Nita, Eka Resty Novietasari

Abstract


Media pembelajaran Bahasa Inggris untuk siswa kelas 6 sekolah dasar berbasis web dapat meningkatkan minat belajar siswa dan membantu proses belajar mengajar agar lebih efisien. Media pembelajaran ini dirancang dengan beberapa fitur seperti materi, contoh soal, video pembelajaran, dan soal latihan. Dengan adanya media pembelajaran ini siswa sekolah dasar akan lebih antusias dalam belajar Bahasa Inggris. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang dan membangun media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis web. Metode yang digunakan dalam mengembangkan perangkat lunak yaitu menggunakan metode RAD (Rapid Application Development). Media pembelajaran Bahasa Inggris berbasis web ini dibangun menggunakan Google Sites. Hasil dari pengujian sistem menunjukan bahwa media pembelajaran telah valid dan sesuai dengan ketentuan. Proses belajar mengajar menjadi lebih efisien dan meningkatnya minat belajar siswa.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Web, RAD

Full Text:

PDF

References


Alhadi, A., Riani, D., Afrianto, Y. (2023). Sistem Informasi Persediaan Barang Sederhana Pt. Wiseman Mulia Sejahtera Dengan Aplikasi Barang Dan Persediaan Berbasis Android. Jurnal Pengabdian Masyarakat Uika Jaya: Sinkron. 1(1), 31–39.

Al-Fedaghi, S. (2021). Validation: Conceptual versus Activity Diagram Approaches. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(6), 287–297. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2021.0120632

Dharmawan, E. A. (2023). Perancangan sistem informasi geografis penyebaran daerah zonasi mangrove di pulau ambon. Jurnal elektronika dan komputer. 4(1), 283–290.

Febriani, R., & Sya, M. F. (2022). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar Dalam Pengucapan Bahasa Inggris. Karimah Tauhid. 1, 461–467.

Firmansyah, F. H., Fajriyah Aldriani, S. N., & Dewi, E. R. (2020). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mata Pelajaran Matematika untuk Kelas 5 Sekolah Dasar. Edsence: Jurnal Pendidikan Multimedia, 2(2), 101–110. https://doi.org/10.17509/edsence.v2i2.29783

Gedam, M. N., & Meshram, B. B. (2023). Proposed Secure Activity Diagram for Software Development. International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 14(6), 671–680. https://doi.org/10.14569/IJACSA.2023.0140671

Hasanah, U., & Sudira, P. (2021). Use of -Based Interactive Learning Media Visuals in Science Learning. Journal of Education Technology, 5(4), 563. https://doi.org/10.23887/jet.v5i4.35364

Hisham, A., Ahmed, A., Khaled, M., Abdullatif, N., & Kassem, S. (2021). Ingénierie des Systèmes d ’ Information Modelling of Crime Record Management System Using Unified Modeling Language. International Information Engineering Technology Association. 26(4), 365–373.

Huda, M.(2021). Bisnis Web Hosting Teknologi Pendukung Untuk Menjalankan Usaha Web Hosting. Bogor: Bisakimia.

Ismail, B., Geris, M., Abdullatif, N., & Kassem, S. (2023). Modelling of 3rd Party Logistics Provider Using Unified Modelling Language. 1(1).

Kifliyanto, M., & Faid, M. (2023). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Weighing Scale Truck Digital Menggunakan Metode OOAD. 3(6), 652–660. https://doi.org/10.30865/klik.v3i6.837.

Kurniawan, N., Ridwan. (2013). Website Praktis Dengan Google Sites. Jakarta: Alex Media Komputindo.

Leonardy, J. (2023). Peran Fisikawan Indonesia Dalam Pengembangan Ilmu Pendidikan, Sains, dan Teknologi Sebagai Upaya Membangun Sumber Daya Manusia Yang Berkualitas di Era Society 5.0. Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi Indonesia.

Nistrina, K., Ghivari, A. H. (2023). Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Produk Frozen Food Berbasis Web Di Toko RJB ( Reksa Jaya Baso ). Jurnal Sistem Informasi, J-SIKA. 05, 1–7.

Permana, S., Rahayu, W., & Fatonah, N. (2020). Implementasi Algoritma C4.5 Dalam Penentuan Penerima Bonus Tahunan Pegawai. Kreatif.

Salkiawati, R., Lubis, H., & Putra, M. A. (2022). Penerapan Virtual Reality Menggunakan Metode Rapid Application Development Pada Media Pembelajaran Pengenalan Satwa Endemik Taman Nasional Ujung Kulon. Jurnal Rekayasa Informasi, 11(2).

Saputra, R. (2022). Perancangan Aplikasi Sistem Pakar Pendeteksi Cacingan Pada Anak Menggunakan Metode Rapid Application Development ( RAD ). 2(3).

Sondakh, D. C., & Sya, M. F. (2022). KESULITAN PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS TINGKAT SEKOLAH DASAR Delfina Christie

Sondakh, Mega Febriani Sya. 1, 9–10.

Tarigan, A., Panggabean, T., Alwine. (2023). Animasi Media Pembelajaran Pengenalan Huruf Dan Angka Berbasis Android Menggunakan Metode RAD. Jurnal Ilmiah Teknik Informatika 17(1), 68–77.

Yulia, R., Susanti, E., & Rizal, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Android Pada Materi Elastisitas Bahan untuk SMA Kelas XI. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/jep/vol6-iss1/664.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.