Rancang Bangun Sistem Informasi Voucher Game Berbasis Website di Nata Store Dengan Metode Rapid Application Development

Kristianto Anggoro Rifa'i

Abstract


Perkembangan teknologi semakin pesat membuat banyaknya perkembangan yang terjadi pada masyarakat salah satunya adalah game online. Banyak yang beranggapan negatif bahwa game online mempengaruhi gaya belajar seorang anak dan juga ada yang beranggapan positif seperti terbentuknya tim Mobile Legends, PUBG Mobile, Free Fire, APEX Mobile yang sekarang sudah masuk ke turnament besar seperti SEA GAMES. Nata Store merupakan akun digital penyedia pembelian berbagai voucher game yang ditawarkan melalui whatssapp dan instagram. Namun permasalahan yang sering muncul adalah banyak pemesanan voucher game yang terlewatkan karena chat pemesanan semakin banyak dan pencarian chat pemesanan semakin lama. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengatasi beberapa permasalahan yang muncul, yaitu untuk pengelolaan pemesanan yang baik dan efisiensi waktu dalam pelayanannya. Metode yang digunakan dalam pengembangan sistem ini adalah metode Rapid Application Development yang memungkinkan pengembangan sistem lebih cepat. Sistem Informasi Voucher Game Berbasis Website di Nata Store dibuat dengan menggunakan framework CodeIgniter, sedangkan databasenya menggunakan MySQL. Tools yang digunakan dalam proses pembuatan sistem ini adalah WAMPServer untuk database server dan Visual Studio Code untuk text editor. Pada pengujian sistem menggunakan black box testing yang hanya menguji fungsionalitas perangkat lunak dan pengujian menunjukkan hasil yang valid dan tidak terjadi kesalahan atau bug. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi telah dibangun sesuai dengan tujuan utama dan siap diterapkan untuk dapat membuat pemesanan voucher game menjadi lebih terorganisir dan efisien.


Full Text:

PDF

References


Aisyah, S. (2019). Jurnal Teknovasi Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Analisis Kelayakan Pada Perusahaan Leasing Siti Aisyah Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknoogi dan Ilmu Komputer Universitas Prima Indonesia Jurnal Teknovasi ISSN : 2540-8389. Jurnal Teknovasi, 06(1), 1–16.

Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI), 2(1), 1–7.

Bangun, M. H. (2022). Student Absence Information System At Pancur Ido Elementary School Using Rapid Application Development Method. Instal : Jurnal Komputer, 14(02), 52–56. https://doi.org/10.54209/jurnalkomputer.v14i02.47

Bekti, H. B. (2005). Mahir Membuat Website dengan Adobe Dreamweave CS6, CSS dan JQuery (T. A. Prabawati (ed.)). C.V ANDI.

Fadli, S. (2018). Model Rapid Application Development Dalam Pengembangan Sistem Reservasi dan Penyewaan Kamar Hotel. Jurnal Informatika Dan Rekayasa Elektronik, 1(1), 57. https://doi.org/10.36595/jire.v1i1.33

Faqih, A. S., & Wahyudi, A. D. (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web (Studi Kasus : Matchmaker). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 3(2), 1–8.

Ferdiansyah, D. (2018). Penerapan Konsep Model View Controller Pada Rancang Bangun Sistem Informasi Klinik Kesehatan Berbasis Web. Jurnal Kajian Ilmiah, 18(2), 195.

Hamidi, A., Hamraz, A. R., & Rahmani, K. (2022). Database Security Mechanisms in MySQL. Afghanistan Research Journal, 4(1), 1–7.

Indrawan, I. P. Y., Widiartha, K. K., & ... (2022). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Dan Piutang Berbasis Website Pada Toko Inti Alam. Insert …, 3(2), 94–104.

Mertika, M., & Mariana, D. (2020). Fenomena Game Online di Kalangan Anak Sekolah Dasar. Journal of Educational Review and Research, 3(2), 99. https://doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Novendri. (2019). Pengertian Web. Lentera Dumai, 10(2), 46–57.

Novrialdy, E. (2019). Kecanduan Game Online pada Remaja: Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27(2), 148. https://doi.org/10.22146/buletinpsikologi.47402

Nurman Hidayat, & Kusuma Hati. (2021). Penerapan Metode Rapid Application Development (RAD) dalam Rancang Bangun Sistem Informasi Rapor Online (SIRALINE). Jurnal Sistem Informasi, 10(1), 8–17. https://doi.org/10.51998/jsi.v10i1.352

Putra, F. D., Riyanto, J., & Zulfikar, A. F. (2020). Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset pada Universitas Pamulang Berbasis WEB. Journal of Engineering, Technology, and Applied Science, 2(1), 32–50. https://doi.org/10.36079/lamintang.jetas-0201.93

Rambe, B. H., Pane, R., Irmayani, D., Nasution, M., Munthe, I. R., Ekonomi, F., & Bisnis, D. (2020). UML Modeling and Black Box Testing Methods in the School Payment Information System. Jurnal Mantik, 4(3), 1634–1640. https://iocscience.org/ejournal/index.php/mantik

Ridwan, M., Sinaga, T. H., & Elsera, M. (2022). Penerapan Framework Codeigniter Dalam Perancangan Aplikasi Manajemen Iuran Perumahan Griya Mandiri. Djtechno: Jurnal Teknologi Informasi, 3(1), 49–58. https://doi.org/10.46576/djtechno.v3i1.2196

Safira Aziza, Rahayu, G. H. N. N. (2019). Implementasi Sistem Enterprise Resource Planning Berbasis Odoo Modul Sales. Journal Industrial Services, 5(1)(1), 52.

Setiawan, F., & Zakaria, H. (2022). Rancang bangun sistem pembelian voucher game online berbasis website menggunakan teknologi mern stack dengan model waterfall ( studi kasus : good gaming store ). OKTAL Jurnal Ilmu Komputer Dan Sains, 1(05), 506–513.

Siregar, H. F., Siregar, Y. H., & Melani, M. (2018). (2018). Perancangan Aplikasi Komik Hadist Berbasis Multimedia. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113-121. JurTI (Jurnal Teknologi Informasi), 2(2), 113–121.

Sugiarti, Y. (2013). Analisis Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB.6. Graha Ilmu.

Suriya, D. S., & S., N. (2023). Design of UML Diagrams for WEBMED - Healthcare Service System Services. EAI Endorsed Transactions on E-Learning, 8(1), e5. https://doi.org/10.4108/eetel.v8i1.3015

Syafariani, R. F., Ginanjar, D., & Hayati, E. N. (2022). Website-Based Information System on Drug Purchases and Sales at Pharmacy. Jurnal Teknologi Informasi Dan Pendidikan, 14(2), 172–177. https://doi.org/10.24036/jtip.v14i2.448


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.