Perancangan Aplikasi Media Pembelajaran Bahasa Inggris “Tenses” Berbasis Android Pada SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun

Janara Septiawan Ekolaksono

Abstract


Abstrak: Pada SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun masih menerapkan teknik pembelajaran seperti ceramah, buku ajar serta masih menggunakan papan tulis sehingga siswa kurang memahami materi yang di sediakan, maka di buatlah aplikasi ini supaya siswa tidak mudah jenuh pada proses belajar. Aplikasi ini dirancang dengan menampilkan beberapa fitur kompetensi dasar, materi, kuis dan video yang dapat memudahkan proses pembelajaran Tenses  kepada seluruh siswa SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui cara merancang dan membangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris khususnya Tenses berbasis Android pada SMA Muhammadiyah 1 Kota Madiun untuk seluruh siswa. Metode yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini adalah metode RAD (Rapid Application Development) dan telah diuji menggunakan black box testing dengan hasil normal. Penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi rancang bangun media pembelajaran berbasis android menggunakan Articulate Storyline sebagai wadah membangun aplikasi ini.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Tenses, Android, Articulate Storyline

Full Text:

PDF

References


Ashari, A., Suppa, R., Muhallim, M., Andi, U., Palopo, D., Palopo, K., Studi, P., Informatika, T., & Teknik, F. (2022). Aplikasi Media Pembelajaran BahasA. 1(2), 1–11.

Bela Franciska, M., Bhanu Setyawan, M., & Abdulrazzaq Zulkarnain, I. (n.d.). Penerbitan Artikel Ilmiah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Ponorogo Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus Mi Ma’arif Patihan Kidul). 48–58.

Hafiedz, R., & Nurhamidah, D. (2023). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline Terhadap Motivasi Belajar Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 54–64. https://jurnal.umj.ac.id/index.php/penaliterasiEmail

Hakim, Z., & Meilina, P. (2022). Sistem Informasi Akademik Berbasis Webiste ( Studi Kasus : Smpit Avicenna ). JUST IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 12(3), 32–37.

Mardiana, D., & Awaliah, E. R. (2020). Pengembangan Tts (Tabel Tenses Sederhana) Sebagai Alat Bantu Metode Drilling Pembelajaran Berbicara Bahasa Inggris. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 568–579. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.582

Ningtyas, T. R., Amirudin, A., & Ruisah, R. (2022). Meningkatkan Kemampuan Menulis dalam Bahasa Inggris Melalui Cerita Bergambar. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 13(4), 762–766. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v13i4.12906

Prasetyo, D., Prasetyo, M. R., Dwi, V., Putra, A., & Djulatov, R. (2023). Sistem Perancangan Inventory Menggunakan Metode Rapid Application Development Berbasis Desktop ( Studi Kasus : Society Market ). 1(2), 477–483.

Putri, R. E., & Efendi, I. (2023). Penerapan Aplikasi Bahasa Inggris Berbasis Android untuk Meningkatakan Kosakata Siswa Sekolah Dasar. GENDIS: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(2), 69–72. https://doi.org/10.56724/gendis.v1i2.235

Sahrial, R., Fauzi, D. F., & Susilawati, E. (2022). Pemanfaatan Json Untuk Menampilkan Data Realtime Covid-19 Dengan Model View Presenter. Jurnal Teknoinfo, 16(1), 144. https://doi.org/10.33365/jti.v16i1.780

Suciati, P. E., Anggoro, A. T., Keliwawa, H., Hakim, A. F., & Saifudin, A. (2022). Penerapan Black Box Boundary Value Analysis pada Sistem Penjualan Makanan Berbasis Website. Jurnal Teknologi Sistem Informasi Dan Aplikasi, 5(1), 63. https://doi.org/10.32493/jtsi.v5i1.16839

Susanti, D., & Elmiyati, E. (2020). Perancangan Website Media Informasi dan Pemesanan pada PT. Trita Musi Prasada dengan Metode RAD. MATRIK : Jurnal Manajemen, Teknik Informatika Dan Rekayasa Komputer, 20(1), 35–46. https://doi.org/10.30812/matrik.v20i1.723

Taofik Muhammad, & Nurfitriani Meiliana. (2019). Rancang Bangun Media PembelajaraTaofik Muhammad, & Nurfitriani Meiliana. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Dengan Menggunakan Teknologi Augmented Reality Dan Location Based Service. INFOTECH Journal, 5(1), 1–7. http. INFOTECH Journal, 5(1), 1–7. https://www.jurnal.unma.ac.id/index.php/infotech/article/view/1125

Vebiant, K., Wahyuddin, M. I., & Sari, R. T. K. (2021). Rancang Bangun Media Pembelajaran Tenses English Berbasis Android menggunakan Algoritma Fisher-Yates. Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi (Justin), 9(2), 263. https://doi.org/10.26418/justin.v9i2.43469

Widhyaestoeti, D., Iqram, S., Mutiyah, S. N., & Khairunnisa, Y. (2021). Black Box Testing Equivalence Partitions Untuk Pengujian Front-End Pada Sistem Akademik Sitoda. Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, 7(3), 211–216. https://doi.org/10.33197/jitter.vol7.iss3.2021.626


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.