Rancang Bangun Sistem Manajemen Bencana Alam Berbasis Webite Pada BPBD Kabupaten Madiun

Septian Bayu Aji Pamungkas

Abstract


Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Madiun masih menggunakan cara manual dalam mengelola informasi bencana dan data korban bencana, yaitu dengan menggunakan Microsoft Office. Berdasarkan permasalahan yang telah dijelaskan BPBD Kabupaten Madiun membutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu dalam mengelola informasi bencana dan data korban bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana merancang dan membangun serta implementasi sistem manajemen bencana alam. Metode pengembangan perangkat lunak yang digunakan yaitu metode waterfall. Metode waterfall adalah proses pengembangan perangkat lunak berurutan di mana kemajuan dipandang mengalir terus menerus ke bawah (seperti air terjun) melalui tahap desain, pemodelan, implementasi (membangun), dan pengujian. Perancangan sistem yang digunakan yaitu menggunakan DFD dan ERD. Bahasa pemrograman yang digunakan dalam implementasi sistem ini yaitu PHP dan basis data yang digunakan adalah MySQL yang diakses menggunakan XAMPP. Metode pengujian yang digunakan menggunakan blackbox testing. Setelah proses perancangan, pembangunan dan pengujian selesai maka Sistem Manajemen Bencana Alam Berbasis Website akan diimplementasikan di Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Madiun.

Full Text:

PDF

References


Aditya Kinaswara, T., Rofi’ah Hidayati, N., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website Pada Kelurahan Bantengan.

Akbar, Z., Zakiah, E., & Medellu, G. I. R. (2022). Psikologi Bencana (E. Widiyanto, Ed.). Kencana.

Alhakim, G., Ramdani, F., & Purnomo, W. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Geografis Penanganan Bencana berbasis Website di Kota Malang (Vol. 3, Issue 10). http://j-ptiik.ub.ac.id

Andaru, A. (2018). Pengertian Database Secara Umum.

Beong, S., Resmawan, E., & Kalinggi, R. (2018). Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Dalam Penanggulangan Bencana Alam di Kota Samarinda. 6(4), 1775–1788.

Gani, H., & Yunus, Y. (2022). Sistem Informasi Manajemen Data Korban Bencana Pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bonebolango. Seminar Nasional Teknologi.

Kinaswara, T. A., Hidayati, N. R., & Nugrahanti, F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Websitepada Kelurahan Bantengan.

Komang Arya Ganda Wiguna, I., & Ngurah Semadi, K. (2019). Sistem Informasi Manajemen Pengelolaan Data Bencana Berbasis Web di BPBD Kota Denpasar.

Lestari, D. (2021). E-Arsip Pada Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penanggulangan Bencana Kota Palembang Berbasis Website.

Muhammad F, Hadi A, & Irfan D. (2018). Pengembangan Sistem Informasi Panduan Mitigasi Bencana Alam Provinsi Sumatera Barat Berbasis Android.

Muhammad Ibnu Sa’ad. (2020). Otodidak Web Programming: Membuat Website Entertainment. PT Elex Media Komputindo.

Mujiyati. (2023). Buku Ajar Penanggulangan Bencana Alam (Hidayat M & Miskadi, Eds.). Pusat Pengembangan dan Penelitian Indonesia.

Mundzir MF. (2020). Buku Sakti Pemrograman Web Seri PHP (S. Adams, A. Arifian, & Yuu, Eds.). Anak Hebat Indonesia.

Prayesti, S., Id Hadiana, A., & Rakhmat Umbara, F. (2020). Sistem Informasi Manajemen Penanggulangan Bencana Alam di Kabupaten Bandung Barat (Vol. 2, Issue 1). http://index.unper.ac.id

Putra, A. B., & Nita, S. (2019). Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun).

Salsabila, N. C. P. (2021). Implementasi Metode Aras Untuk Penentuan Prioritas Penerimaan Bantuan Bencana Alam Pada Bpbd Kota Semarang.

Syah Lamahamu, A., & Subhan. (2018). Perancangan Sistem Informasi Pengolahan Data Korban Bencana pada Badan Penanggulangan Bencana (BPBD) Kota Ternate.

Umagapi, D., & Ambarita, A. (2018). Sistem Informasi Geografis Wisata Bahari pada Dinas Pariwisata Kota Ternate.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi.

Yoga, P. Y., & Ismail, I. (2019). Sistem Informasi Manajemen Bantuan Untuk Korban Bencana Alam Berbasis Web.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.