RANCANG BANGUN MEDIA PEMBELAJARAN IPA BERBASIS ANDROID BAGI SISWA KELAS VII (STUDI KASUS SMP NEGERI 1 KARAS)

Fajar Nova Aliansyah, Inung Diah Kurniawati

Abstract


Media pembelajaran berbasis aplikasi ialah solusi pembelajaran jarak jauh yang baik. Aplikasi bisa diterapkan sebagai media pembelajaran guna mengembangkan dampak positif pemakai internet. Apalagi di masa pandemi saat ini yang membuat hal-hal semua kegiatan belajar mengajar dilakukan secara daring. Pada SMP Negeri 1 Karas masih menerapkan teknik pembelajaran ceramah, sesi tanya jawab, diskusi, serta tugas sehingga siswa kurang memahami materi yang disediakan, maka dibuatlah aplikasi ini supaya siswa tidak jenuh pada proses belajar. Tujan penelitian ini adalah untuk mengetahui cara merancang dan membuat Media Pembelajaran IPA Berbasis Android Bagi Siswa Kelas VII pada SMPN 1 Karas. Metode pengembangan sistem yang digunakan dalam pembuatan media pembelajaran ini adalah metode waterfall. Penelitian ini menghasilkan media pembelajaran llmu Pengetahuan Alam berbasis Android pada SMP bagi kelas VII Media pembelajaran berbasis Android, dibuat dengan menggunakan Adobe Animate dan telah diuji menggunakan black box hasilnya berfungsi semua tombol serta kusioner penilian siswa yang mendapatkan respon yang baik dari siswa.

 


Full Text:

PDF

References


Aziz, A. (2018). Bermain Android Studio Itu Mudah: Studi Kasus Pembuatan eM-Tilang. Budi Utama.

Feriandi, Y., & Haris, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Dengan Aplikasi Macromedia Flash Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar Siswa kelas X. 3(1), 1–19.

Hamid, M., Munsarif, M., Ramadhani, R., Masrul, J., & Safitri, M. (2020). Media Pembelajaran. Kita Menulis.

Hisbullah; Selvi, N. (2018). PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DI SEKOLAH DASAR. Penerbit Aksara Timur.

Hrisafov, M. K., Eng, M., & Botev, A. (2022). Black Box Testing with Exploratory Approach of a Software for Remote Monitoring of Patients with COVID-19 and Other Infectious Diseases. December 2021, 9–10.

Jebb, A. T., Ng, V., & Tay, L. (2021). A Review of Key Likert Scale Development Advances: 1995–2019. Frontiers in Psychology, 12(May), 1–14.

Jubilee. (2017). Trik Cepat Menguasai Adobe Animate. Elex Media Komputindo.

Kartina, L., & Subani. (2020). Analisis Kemandirian Siswa MTS pada Mata Pelajaran IPA. Schrödinger: Journal of Physics Education (SJPE), 1(1), 30–35.

Kodrle, S., & Savchenko, A. (2021). Digital educational media in foreign language teaching and learning. 12018.

Kounlaxay, K., Shim, Y., Kang, S., Kwak, H., & Kim, S. K. (2021). Learning Media on Mathematical Education based on Augmented Reality. 15(3), 1015–1029.

Nahdi, D. S., Yonanda, D. A., & Agustin, N. F. (2018). Yonanda Nahdi. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 9–16.

Phelps, C., & Sperry, L. L. (2020). Children and the COVID-19 pandemic. Psychological Trauma: Theory, Research, Practice, and Policy, 12, S73–S75.

Putra, G., Rahayu, S., Tri, Y., & Sadriansyah. (2020). Media Pembelajaran Dengan Metode GAMIFICATION. Media Nusa Creative.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (20


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.