Rancang Bangun Mobile Learning Berbasis Android di SMKN Poncol

Miftahul Fauza Ridhoi

Abstract


Teknologi semakin hari berkembang sangat cepat yang membawa pengaruh positif dalam pekerjaan. Salah satu wujud nyata dari perkembangan teknologi adalah hadirnya perangkat mobile.  Dengan adanya smartphone berbagai sektor termasuk pendidikan menciptakan terobosan baru dalam mengatasi permasalahan yang semakin kompleks seiring dengan perkembangan zaman. Kecanggihan teknologi saat ini memungkinkan siswa dan guru melakukan kegiatan belajar mengajar secara online. Seperti pada SMK Negeri Poncol Kabupaten Magetan yang menggunakan aplikasi Google Classroom dan Whatsapp sebagai alat bantu dalam melaksanakan pembelajaran online. Aplikasi tersebut cukup membantu namun masih belum bisa memenuhi kebutuhan pembelajaran karena keterbatasan fitur yang disediakan. Oleh sebab itu, pada penelitian ini dilakukan rancang bangun mobile learning berbasis Android yang mampu memenuhi kebutuhan fitur dalam pelaksanaan pembelajaran online. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Rapid Application Development (RAD). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mobile learning yang dibangun dengan bahasa pemrograman Kotlin dan penerapan web API (Application Programming Interface) dapat menjadi media pembelajaran alternatif yang bisa membantu kegiatan belajar mengajar di SMK Negeri Poncol.

Full Text:

PDF

References


Auliyah, N., & Sari, P. M. (2021). Pengembangan Aplikasi Mobile Learning Appy Pie Android Berbasis Kemampuan Berpikir Kreatif di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3866–3876. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1127

Badrul, M., & Ardy, R. (2021). Penerapan Metode Waterfall pada Perancangan Sistem Informasi Pendaftaran Siswa Baru. Jurnal Sains Komputer & Informatika (J-SAKTI), 5(1), 52–61.

Garba Shawai, Y., & Amin Almaiah, M. (2018). Malay Language Mobile Learning System (MLMLS) using NFC Technology. International Journal of Education and Management Engineering, 8(2), 1–7. https://doi.org/10.5815/ijeme.2018.02.01

Hardana. (2018). Membuat Aplikasi Android dengan Bahasa Kotlin. Jakarta: PT Mitra Sinergi Optima.

Ilman, A., Sulthoni, & Wedi, A. (2022). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Materi Recount Text Kelas X Bahasa. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 32–41. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p032

Irianto, C. G., Napitupulu, H. Y. P., & Widjaja, M. (2021). Development and Realization an Android Based Software to Support Feasibility Study of Harmonics Mitigation. International Journal on Electrical Engineering and Informatics, 13(2), 297–317. https://doi.org/10.15676/ijeei.2021.13.2.4

Junirianto, E., & Kurniadin, N. (2020). Pengembangan Aplikasi Point Of Sale Berbasis Android Menggunakan Metode Rapid Application Development. Journal of Information Technology and Computer Science, 5(3), 211–218.

Mun, Y. S., & Sam, T. L. (2022). Online Learning Motivation During Covid-19 Pandemic: The Role Of Learning Environment, Student Self-Efficacy and Learner-Instructor Interaction. Malaysian Journal of Learning and Instruction, 19(2), 213–249. https://e-journal.uum.edu.my/index.php/mjli/article/view/10086/3628

Nasution, A., & Siddik, M. (2020). Impact of Using Mobile Learning Applications in the Learning Process. International Conference on Social, Sciences and Information Technology, 1(1), 37–42. https://doi.org/https://doi.org/10.33330/icossit.v1i1.705

Nazar, M., Zulfadli, Oktarina, A., & Puspita, K. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Membantu Mahasiswa dalam Mempelajari Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 8(1), 39–54. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i1.16047

Purwanti, S., Febriani, A., Mardeni, & Irawan, Y. (2021). Temperature Monitoring System for Egg Incubators Using Raspberry Pi3 Based on Internet of Things (IoT). Journal of Robotics and Control (JRC), 2(5). https://doi.org/10.18196/jrc.25105

Putri, M. P., & Effendi, H. (2018). Implementasi Metode Rapid Application Development Pada Website Service Guide “Waterfall Tour South Sumatera.” Jurnal Sistem Informasi Dan Komputer, 7(2), 130–136.

Rusman, N. N. U., Bani, A. U., & Syahriyanto. (2022). Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Pembayaran Pengiriman Barang Berbasis Web Pada PT. Armada Jaya. Jurnal Sistem Informasi Dan Manajemen, 10(1), 200–204.

Saputra, C., Sulistyanto, A., & Sianipar, A. Z. (2021). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Perintah Tugas (SPT) Melaksanakan Perjalanan Dinas Berbasis Web Pada Biro Kepegawaian dan Organisasi Kementerian Perhubungan. Journal of Information System, Applied Management, Accounting and Research, 5(2), 531–538.

Saputra, M. C. T., Muhammad, T., & Taufiq, M. (2021). Rancang Bangun Mobile Learning Berbasis Android untuk Memudahkan Proses Belajar Mengajar Jarak Jauh di SMKN Sukaresik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 385–396.

Sari, R. F., & Utami, A. (2021). Rekayasa Perangkat Lunak Berorientasi Objek Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Setyati, A., Setiawati, L. A., Ichwanto, A. R., & Prihandi, I. (2021). Pengembangan Aplikasi Learning Course System Kurteyki Berbasis Web Dengan Metode RAD. Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, 8(3), 1483–1495.

Sutiasih, A. D., & Saputri, R. P. (2019). Pengembangan Mobile Learning Berbasis Android Sebagai Media Pembelajaran Organisasi Arsitektur Komputer. Jurnal Inovasi Teknologi

Pendidikan, 6(2), 137–147.

Sutrisno, R. R., & Hamdu, G. (2020). Aplikasi Mobile Learning Model Pembelajaran STEM untuk Guru Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 3(3), 227–238. https://doi.org/10.17977/um038v3i32020p227

Wulan, D. D. N., & Fauzi, A. (2021). Aplikasi Mobile Learning Jurusan Multimedia Berbasis Android Pada SMK 1 Anjatan Indramayu. Jurnal Responsif: Riset Sains Dan Informatika, 3(1), 53–62.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.