Sistem Informasi Penjualan LPG Berbasis Website

Nike Ayu Febriyanti

Abstract


Sistem penjualan merupakan suatu komponen penting yang harus selalu ada disetiap perusahaan yang bergerak dalam bidang pendistribusian LPG karena merupakan sistem logistik dari suatu perusahaan. Sulitnya melakukan pendataan secara manual. Hal ini menyebabkan bagian gudang harus mengumpulkan semua dokumen tabung isi reffil, tabung kosong dan dapat juga mengalami kendala kesalahan perhitungan dan pencatatan sebuah tabung. Perancangan sistem informasi penjualan LPG berbasis website untuk memberikan kemudahan dalam pencatatan dan pelaporan tabung keluar masuk. Pada pembuatan sistem penjualan ini akan menggunakan metode pengembangan sistem atau Rapid Application Development (RAD). Teknik pengumpulan data yang akan digunakan dalam penulisan ini adalah melakukan observasi, studi pustaka serta melakukan wawancara. Berdasakan hasil penelitian pengembangan website sangat amat penting terutama untuk mempermudah kepala gudang dalam pencatatan data tabung maupun pelaporan data tabung pada agen, dalam analisis ini juga terdapat analisis kebutuhan secara fungsional melakukan dengan menerima masukan, mengolah masukan serta mengeluarkan respon hasil pengolahan, juga melakukan analisis kebutuhan non-fungsional dan melaukan perancangan sistem secara flowchart, DFD, dan ERD.

Kata kunci: Sistem Informasi, Penjualan, RAD, LPG


Full Text:

PDF

References


Adawiyah, R. R., Yunengsih, Y., & Abdussalaam, F. (2021). Perancangan Kartu Identitas Berobat Eletronik Dengan Menggunakan Visual Studio Di Rumah Sakit Muhamammadiyah Bandung. Indonesia Sosial Teknologi, 2(9), 1640– 1649.

Amin, K & Widjaja. A. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Dengan Metodelogi Object Oriented Pada TB. Riffa Jaya Mandiri. Jurnal Idealis Vol. 1 No.3. online. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/1256.

Dhika, H., Isnain, N., & Tofan, M. (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql. IKRA-ITH INFORMATIKA : Jurnal Komputer Dan Informatika, 3(2), 104–110. https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraithinformatika/article/view/324.

Jaya, F.I & Widjaja, A.(2019). Rancangan Bangun Sistem Informasi Penjualan Barang Untuk Toko Jalil Santing. Jurnal Idealis Vol. 2 No. 3. online. https://jom.fti.budiluhur.ac.id/index.php/IDEALIS/article/view/940.

Lesmono, I.D.(2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Website Dengan Metode Waterfall. Jurnal Swabumi Vol.6 No.1.online. https://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/swabumi/article/view/3316.

Putra, M. T. P.(2021).Sistem Informasi Penjualan Ikan Cupang Berbasis E-Commerce Pada Rex Betta Gallery Magetan. Jurnal SENATIK.online. http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/SENATIK/article/view/1920/1669.

Santoso, & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Suhartono, Astuti, R. D., Sfenrianto, S., Mustofa, M., Andriyani, D., & Kaburuan, E. R. (2018). Development of 3D Solar System Application Using RAD Model for Elementary Schools. 2018 International Conference on Orange Technologies, ICOT 2018, 1–4. https://doi.org/10.1109/ICOT.2018.8705879


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.