Media Pembelajaran Interaktif Pengenalan Huruf dan Angka pada PAUD berbasis Android

Akmal Al Faritsi

Abstract


Perkembangan teknologi informasi harus mampu mendukung perkembangan pendidikan. Teknologi dapat dimanfaatkan sebagai sarana pendukung pembelajaran seperti media pembelajaran interaktif. pada KB. Cahaya Wonoasri untuk pembelajaran menggunakan media pembelajaran konvensional. Tujuan dari penelitian ini adalah merancang dan membuat aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan huruf dan angka pada pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis android. Metode yang digunakan pada pengembangan sistem ini menggunakan metode waterfall. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi media pembelajaran interaktif pengenalan huruf dan angka pada pendidikan anak usia dini (PAUD) berbasis android telah diuji dengan menggunakan blackbox dan mendapatkan respon yang baik dari guru maupun siswa yang berupa rekapitulasi persebaran kuesioner dan dibangun dengan menggunakan adobe Animate.

 

Kata kunci: Media Pembelajaran, Aplikasi, Android, PAUD


Full Text:

PDF

References


Aprilia, N., & Rosnelly, R. (2020). Aplikasi Media Pembelajaran Pengenalan Angka Dan Huruf Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality Berbasis Android. Jurnal FTIK, 1(1), 967–980.

Atmojo, W. T., Nurwidya, F. F., & Dazki, E. (2019). Media Pembelajaran Pengenalan Keragaman Budaya Indonesia Dengan Metode Multimedia Development Life Cycle. Seminar Nasional APTIKOM, 126–134.

Devianty, D., & Nur Ibrahim, R. (2021). Perancangan Sistem E-Arsip Menggunakan Subject Filing System Berbasis Framework Codeigniter (Studi Kasus Stmik Mardira Indonesia). Jurnal Computech & Bisnis, 15(2), 100–107.

Galih Pradana, A., & Nita, S. (2019). Rancang Bangun Game Edukasi “ AMUDRA ” Alat Musik Daerah Berbasis Android Afista Galih Pradana Sekreningsih Nita. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 2(1), 77–80.

Harsiwi, U. B., & Arini, L. D. D. (2020). Pengaruh Pembelajaran Menggunakan Media Pembelajaran Interaktif terhadap Hasil Belajar siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1104–1113. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.505

Jebb, A. T., Ng, V., & Tay, L. (2021). A Review of Key Likert Scale Development Advances: 1995–2019. Frontiers in Psychology, 12(May), 1–14. https://doi.org/10.3389/fpsyg.2021.637547

Muhardi, Gunawan, S. I., Irawan, Y., & Devis, Y. (2020). Design of Web Based LMS (Learning Management System) in SMAN 1 Kampar Kiri Hilir. Journal of Applied Engineering and Technological Science, 1(2), 70–76. https://journal.yrpipku.com/index.php/jaets/article/view/60

Pranatawijaya, V. H., Widiatry, W., Priskila, R., & Putra, P. B. A. A. (2019). Penerapan Skala Likert dan Skala Dikotomi Pada Kuesioner Online. Jurnal Sains Dan Informatika, 5(2), 128–137. https://doi.org/10.34128/jsi.v5i2.185

Putra Jeffry Andhika, A. R. (2019). Rancang Bangun Visualisasi Tourism Guide Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pemodelan Arsitektur Sistem Informasi Perizinan Menggunakan Kerangka Kerja Togaf Adm, 4(1), (halaman 2).

Raja, R., & Nagasubramani, P. C. (2018). Impact of modern technology in education. Journal of Applied and Advanced Research, S33–S35. https://doi.org/10.21839/jaar.2018.v3is1.165

Santoso, S., & Nurmalina, R. (2017). Perencanaan dan Pengembangan Aplikasi Absensi Mahasiswa Menggunakan Smart Card Guna Pengembangan Kampus Cerdas (Studi Kasus Politeknik Negeri Tanah Laut). Jurnal Integrasi, 9(1), 84–91.

Sasmito, G. W. (2017). Penerapan Metode Waterfall Pada Desain Sistem Informasi Geografis Industri Kabupaten Tegal. Jurnal Informatika:Jurnal Pengembangan IT (JPIT), 2(1).

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1), 29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927

Sukrawan, Y., Permana, T., Permana, E., & Pajung, K. K. M. (2019). Development of Multimedia Animation Brake System. 299(Ictvet 2018), 80–83. https://doi.org/10.2991/ictvet-18.2019.18

Suryani Nunuk, Setiawan Achmad, P. A. (2018). Media Pembelajaran inovatif dan Pengembangannya. PT Remaja Rosdakarya.

Suyadi, D. (2014). Implementasi dan Inovasi Kurikulum Paud 2013 (Nita (ed.)). PT Remaja Rosdakarya.

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tahel, F., & Ginting, E. (2019). Perancangan aplikasi media pembelajaran pengenalan pahlawan nasional untuk meningkatkan rasa nasionalis berbasis android. Teknomatika, 09(02), 113–120. http://ojs.palcomtech.com/index.php/teknomatika/article/view/467

Wardhono, W. S., Kusuma, L. P., & Wardhono, W. S. (2015). Evaluasi User Acceptance Augmented Reality Triage Mobile Pada Sistem Kedaruratan Medis. Jurnal Sentar, 978–979. http://research-report.umm.ac.id/index.php/sentra/article/viewFile/2878

Zahra, A., & Rozaq Rais, N. A. (2020). Web Based Fosti Information System at Muhammadiyah University of Surakarta. International Journal of Computer and Information System (IJCIS), 1(2), 35–39. https://doi.org/10.29040/ijcis.v1i2.13


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.