Rancang Bangun Sistem Informasi Pemasaran Batik Tulis Mbah Jo Berbasis Web Pada Umkm Di Pilangkenceng Kabupaten Madiun

Riska Feni

Abstract


Sistem informasi pemasaran adalah suatu sistem yang dibuat untuk mengolah informasi yang dapat mendukung kegiatan pemasaran. Dalam sistem informasi pemasaran Batik Tulis Mbah Jo berbasis website tersebut masih dilakukan secara konvesional atau manual dengan cara konsumen datang ke tempat pembuatan dan pemasaran batik. Namun dengan adanya pandemi covid-19 membuat pemasarannya semakin menurun, maka hal tersebut dibuat rancang bangun sistem informasi pemasaran Batik Tulis Mbah Jo Berbasis Website pada UMKM di Pilangkenceng. Sistem informasi pemasaran batik tulis ini dapat membantu memasarkan serta dapat mempermudah masyarakat untuk membeli produk batik tanpa harus datang ke lokasi. Website pemasaran ini dirancang dengan menambahkan beberapa menu yang dapat menunjang sistem informasi pemasaran batik tulis Mbah Jo. Adapun metode yang digunakan dalam perancangan sistem informasi pemasaran yaitu menggunakan metode waterfall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa website pemasaran Batik Tulis Mbah Jo, dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman yaitu PHP, dengan web server XAMPP. Selain itu untuk database menggunakan MySQL yang digunakan menyimpan data-data dari input yang dimasukkan pengguna. Dalam penulisan kode pemograman menggunakan visual code. Serta dalam pengujian sistem informasi ini menggunakan black box testing.

 


Full Text:

PDF

References


Christian, A., Hesinto, S., & Agustina, A. (2018). Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Menggunakan Framework Bootstrap ( Studi Kasus SMP Negeri 6 Prabumulih ). Jurnal Sisfokom (Sistem Informasi Dan Komputer), 7(1), 22–27.

Gunawan, H., Sinaga, B. L., & Sigit Purnomo, W. P. (2019). Assessment of the readiness of micro, small and medium enterprises in using E-money using the unified theory of acceptance and use of technology (UTAUT) method. Procedia Computer Science, 161, 316–323. https://doi.org/10.1016/j.procs.2019.11.129

Hanief, S., & Jepriana, I. W. (2020). Konsep Algoritme dan Aplikasinya dalam Bahasa Pemogramanan C++. Penerbit Andi.

Hardiyanto, D., Sholeh, M., & Rachmawati, R. Y. (2020). Optimization of information technology utilization based on geography information system as a marketing media for micro, small, and medium enterprises to improve competitiveness in Bantul Regency, Indonesia. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 807(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/807/1/012010

Helmud, E. (2021). Optimasi Basis Data Oracle Menggunakan Complex View Studi Kasus : PT. Berkat Optimis Sejahtera (PT.BOS) Pangkalpinang. Jurnal Informanika, 7(1), 80–86.

Khamaludin, Syam, S., Rismaningsih, F., Lusiani, Arlianti, L., Herlani, A. F., Fahlevi, M., Rahmadi, R., Windyasari, V. S., & Widiyatun, F. (2021). The influence of social media marketing, product innovation and market orientation on indonesian smes marketing performance. International Journal of Data and Network Science, 6(1), 9–16. https://doi.org/10.5267/J.IJDNS.2021.11.002

Listiyan, E., & Subhiyakto, E. R. (2021). Rancang Bangun Sistem Inventory Gudang Menggunakan Metode Waterfall Studi Kasus Di Cv. Aqualux Duspha Abadi Kudus Jawa Tengah. KONSTELASI: Konvergensi Teknologi Dan Sistem Informasi, 1(1), 74–82. https://doi.org/10.24002/konstelasi.v1i1.4272

Mahrunnisya, D., Safitri, M., Rahmawati, F., & ... (2021). Analisis Sistem Informasi Pemasaran Online Di Tengah Pandemi Covid-19. Journal of Social …, 2(01), 105–109. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/jips/article/view/23759

Nugroho, A. S. (2017). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Trans Tekno.

Nuryadi, N. (2022). WEB-BASED BATIK CLOTHING INFORMATION SYSTEM ON CV . DESTA. 3(2), 198–207.

Putra, P. B. A. A., Wijaya, V. H. P., & Sinana, A. R. (2018). Rancang Bangun Media Pembelajaran bagi Murid Sekolah Menengah Pertama Luar Biasa (SMPLB) 1 Palangka Raya. Anterior Jurnal, 18(1), 79–85. https://doi.org/10.33084/anterior.v18i1.411

Rosário, A., & Raimundo, R. (2021). Consumer marketing strategy and e-commerce in the last decade: A literature review. Journal of Theoretical and Applied Electronic Commerce Research, 16(7), 3003–3024. https://doi.org/10.3390/jtaer16070164

Samihardjo, R., & Suryani, Y. (2018). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Pemasaran Berbasis Website Pada UMKM CABACO HANDCRAFT. Semnasteknomedia Online, 25–30. https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/2018

Setiadi, D. (2019). Rancang Bangun Website Madrasah Al – Azhar Kota Pagar Alam. Jurnal Ilmiah Betrik, 10(02), 93–103. https://doi.org/10.36050/betrik.v10i02.19

Setiawan, D., & Lutfhi. (2018). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi e-Commerce Berbasis Web Pada UMKM Batik Rinjani Jambi. World Development, 1(1), 1–15.

Siagian, A. O., & Cahyono, Y. (2021). Strategi Pemulihan Pemasaran UMKM di Masa Pandemi Covid-19 Pada Sektor Ekonomi Kreatif. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis, 3(1), 206–217. https://doi.org/10.47233/jiteksis.v3i1.212

Syafitri, Y., Prasetyo, A., & Astika, R. (2021). SISTEM INFORMASI PEMASARAN PRODUK UMKM BERBASIS WEB 124 | S T M I K D i a n C i p t a C e n d i k i a K o t a b u m i “ Pemasaran adalah ...... proses sesuatu ,.. menciptakan memelihara .... hubungan yang memuaskan untuk ...... memaksimalkan. 2, 124–134.

Wahyuni, N., Rahardianto, R., & Setyaningsih, E. (n.d.). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Administrasi Sekolah Berbasis Web ( Studi Kasus SD Negeri 023 Balikpapan Tengah ). 1–18.

Wijaya, Y. D., & Astuti, M. W. (2021). Pengujian Blackbox Sistem Informasi Penilaian Kinerja Karyawan Pt Inka (Persero) Berbasis Equivalence Partitions. Jurnal Digital Teknologi Informasi, 4(1), 22. https://doi.org/10.32502/digital.v4i1.3163

Yulindawati, Y., & Ekawati, H. (2020). Membangun Website Profile Kelurahan Melayu Tenggarong. Jurnal Ilmiah Matrik, 22(1), 93–101. https://doi.org/10.33557/jurnalmatrik.v22i1.845


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.