Rancang Bangun Aplikasi Marketplace Sebagai Jual Beli BIbit Ikan Berbasis Website

Daffa PratamaYudha Fahlevy Indrapraja

Abstract


Di era yang serba digital seperti ini, marketplace sangatlah berguna untuk menjangkau penjualan atau pembelian suatu barang maupun hewan karena cakupannya yang luas dan mudah di temukan oleh masyarakat. Hingga saat ini pun belum ada marketplace yang menunjang penjualan kebutuhan bibit para peternak ikan hias maupun ikan konsumsi terutama untuk daerah Kota Madiun. Kegunaan marketplace tersebut adalah untuk menunjang dan mempermudah para peternak untuk membeli bibit ikan, menjual bibit ikan dan merekap penjualan bibit ikan yang dimiliki. Oleh karena itu penjualan bibit ikan khususnya di daerah Kota Madiun perlu dukungan sebuah website marketplace untuk mempermudah peternak ikan saat melakukan transaksi ikan yang dibutuhkan. Sehingga, masyarakat tidak mengalami kesulitan lagi jika ingin mengkonsumsi maupun memelihara ikan hias. Adapun metode pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Waterfall. Hasil dari penelitian ini berupa website marketplace jual beli bibit ikan sebagai sarana yang memudahkan para penjual bibit ikan untuk menjual bibit ikan dan memudahkan para pembeli bibit ikan untuk membeli bibit ikan terbaik di Kota Madiun.


Full Text:

PDF

References


Abdulloh, Rohi. (2018). 7 in 1 Pemrograman Web Untuk Pemula. edited by E. M. Komputindo. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Adani, M. R. (2020). Kenali Apa itu Marketplace beserta Jenis dan Contoh Penerapannya: (online), (https://www.sekawanmedia.co.id/pengertian-marketplace, diakes 29 Maret 2022).

Amri, I. & Aji, A. P. (2018). Rancangan Bangun Sistem Aplikasi Penermia Siwa Baru Menggunakan Metode Agile Di SMK Modelink Kabupaten Sorong. Jurnal Teknik Informasi dan Keamanan. vol.4(2). hal 51-57.

Arifin, N. Y. & Veza , O. (2019). Dashboard Sitem Aplikasi Pengelolaan Obat. Engineering And Technology International Journal, vol.1(2). Hal 59-65.

Azrial, M. F., & Fadillah, N. (2020). Sistem Informasi Pengangkutan Pupuk Menggunakan Metode Waterfall (Studi Kasus PT. Pupuk Iskandar Muda, Aceh Utara). Jurnal J-ICOM (Jurnal Informatika dan Teknologi Komputer),1(2). 1-6.

Dhika, H., Isnain, N. & Tofan, M. (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan MySQL. Jurnal IKRA-ITH Informatika, vol.3(2) Hal 104-110.

Fheyzar, Muchammad (2019) Hubungan Antara Celebrity Endoser dan Citra Merek (Survei Tentang Iklan Shopee di Kalangan Mahasiswa Ilmu Komunikasi UMM 2015). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Haslinda, Bakri, H. & Harifudin (2018). Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Alat Berat pada CV. Tri Daya Jaya Makassar. Jurnal MediaTIK, vol.1(1). 1-7.

Hendro, W. S. (2022). Aneka Ikan Hias Mejeng Di Sun City Mall: (online),(https://madiuntoday.id/2022/04/14/aneka-ikan-hias-mejeng-di-sun-city-mall/, diakes 25 Juni 2022).

Indrapraja, D. P. F. (2018). E-voting Pemilihan Ketua BEM AKNELA. Proyek Akhir Tidak Diterbitkan. Lamongan: Program Studi Teknik Informatika.

Ir. Y. Supardi . (2020). Semua bisa menjadi programmer JavaScript & Node.js. Komputindo. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Pangestu, U. W. (2021). Perancangan Aplikasi E-Tiketing Pada Pendakian Gunung Lawu Singolangu Berbasis Website. Skripsi. Madiun: Universitas Negri Madiun.

Putra, M. T. P. (2021). Sistem Informasi Penjualan Ikan Cupang Berbasis E-Commerce Pada Rex Betta Gallery Magetan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi-2021. Vol.4(1). Hal 255-263.

Putra, R. K. S. (2019). Rancang Bangun Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Ayam Dengan Menggunakan Metode Forward Chaining Berbasis Web pada Ternak Ayam Putra Barokah Farm di Kare Madiun. Jurnal Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019. Hal 191-200.

Raharjo, J. S. D.,Tullah, R. & Setiana, H. (2019). Sistem Informasi Pemesanan Dan Pembelian Tiket Bus Online Berbasis Web Pada P.O. Budiman. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, vol.9(2). Hal 120-125.

Syamsiah (2019). Perancangan Flowchart Dan Pseudocode embelajaran Mengenal Angka Dengan Animasi Untuk Aanak Paud Rambutan. Jurnal STRING (Satuan Tulisan Riset dan Inovasi Teknologi). vol.4(1). Hal 86-93.

Syndi, M. (2018). Pengembangan Website Sebagai E-Modul Animatid Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus. Skripsi. Malang: University Muhammadiyah Malang

W. Oktavia, Adi S., Rusliyawati (2021). Rancang Bangun Aplikasi E-Marketplace Untuk Produk Titik Media Reklame Perusahaan Periklanan (Studi Kasus: P3I Lampung). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI). vol.2(2). Hal 8-14.

Yustiani, R. & Yunanto, R. (2019). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. vol.6(2). Hal 43-48.

Zakaria, G. (2018). Rancang Bangun Aplikasi Informasi Pembayaran Siswa Berbasis Desktop Pada SMP Marsudisiwi. Kerja Praktik. Surabaya: Institut Bisnis Dan Informatika Stikom Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.