Aplikasi Arsip Surat Berbasis Web

Sally Agustin Elisya

Abstract


Perkembangan teknologi yang cepat telah membawa kita ke dalam dunia baru, sebuah keadaan di mana teknologi mengambil bagian penting dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu yang saat ini banyak digunakan adalah website. Perkembangan teknologi saat ini yang semakin maju memberikan dampak terhadap penggunaan teknologi dalam kehidupan masyarakat. Perkembangan teknologi sangat dibutuhkan masyarakat untuk mengatasi masalah yang dihadapi, seperti pengarsipan surat atau dokumen penting dikantor kelurahan. Pengarsipan surat atau dokumen di kantor kelurahan berkaitan dengan arsip surat yang masuk dan surat keluar. Surat yang ada di kantor kelurahan sering terjadi kerusakan atau kehilangan, seperti dimakan rayap dan hilang karena terjadi kebakaran. Banyak jumlah surat masuk dan surat keluar oleh Kantor Kelurahan Sriwidari, sehingga saat ini diperlukan suatu sistem yang dapat membantu kinerja yang berkaitan dengan surat-menyurat. Maka perlu dibuat sistem informasi arsip surat. Pengarsipan surat adalah catatan surat masuk dan surat keluar yang diterima maupun yang dikirim. Pada saat ini, prosedur yang diterapkan pada manajemen surat masuk dan surat keluar pada Kantor Kelurahan sriwidari mulai dari penerimaan, pembuatan, penyimpanan, pendokumentasian surat semua dilakukan secara konvensional. Dengan adanya sistem informasi arsip surat berbasis website dapat mengurangi terjadinya kesulitan serta waktu yang dihabiskan untuk proses pencarian data-data surat, dan memperbaiki manajemen dari pengarsipan surat yang sudah ada. Sistem informasi arsip surat ini dibuat dengan menggunakan PHP Hypertext Prepocessor (PHP) dan MySQLuntuk pengolahan basis datanya. Yang dihasillkan dari penelitian ini adalah menghasilkan sistem informasi yang dapat mengelola surat masuk dan surat keluar sesuai alur yang ditetapkan, dan dapat menyelesaikan masalah yang ada saat ini. 

Kata kunci: Sistem informasi, Arsip Surat, Website


Full Text:

PDF

References


Febriyanti, N.P. I., 2011, “Aplikasi Manajemen Pengarsipan Dokumen Berbasis Web (Studi Kasus :Politeknik Telkom)”, Bandung: Program Studi Manajemen Informatika Politeknik Telkom Bandung.

Mulyadi. (2016). Pengelolaan Arsip Berbasis Otomasi (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Rozi, F., Listiawan, T., & Hasyim, Y. (2017). Pengembangan Website Dan Sistem Informasi Desa Di Kabupaten Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika), 2(2), 107–112. https://doi.org/10.29100/jipi.v2i2.366

Abdul,Kadir Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi, Yogyakarta:Andi, 2014

Pressman, Roger S. Rekayasa Perangkat Lunak – Buku Satu, Pendekatan Praktisi (Edisi 7). Yogyakarta: Andi. Diakses dari http://www.pengetahuandanteknologi.com/2016/09/metodewaterfalldefinisitahapan.html, 2012. [Juli. 4, 2021].

Amalia, An Nisa Nur. dkk. 2019. Implementasi E-Document Dalam Pengelolaan Surat Masuk dan Keluar (Studi Kebijakan UU No. 11 Tentang Informasi dan Transaksi Elektronik di Bagian Umum Balai Kota Malang, Jawa Timur). Malang: Universitas Islam Malang.

Ismah, Ariqotul. 2019. Penilaian Kinerja Perangkat Desa Pebelan Kecamatan Kartasura Kabupaten Sukoharjo Tahun 2019. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saputra, K. A., & Famukhit, M. L. (2014). Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada MTs Guppi Jetiskidul. Indonesian Journal on Networking and Security, 3(4), 59–62.

Handayani, V. R., Wijianto, R., & Anggoro, A. (2018). Sistem Informasi Pendaftaran Seleksi Kerja Berbasis WebPada BKK ( Bursa Kerja Khusus ) Tunas Insan Karya SMK Negeri 2 Banyumas. Jurnal Evolusi, 6(1), 76–84.

Susilo, W., & Kesuma, C. (2014). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada Sma N 1 Kutasari Purbalingga.

Jurnal Evolusi, 2(2), 91–98.

Imaniawan, F. F. D., & Elsa, U. M. (2017). Sistem Informasi Penjualan Sepatu Berbasis Web Pada Vegas Hyper

Purwokerto. Indonesian Journal on Software Engineering, 3(2), 82–91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.