E-Learning Bahasa Inggris Berbasis Website Pada Pondok Pesantren Miftahul Huda Kabupaten Madiun

Hartarto Hartarto, Sekreningsih Nita, Eka Resty Novieta Sari

Abstract


Pondok Pesantren Miftahul Huda adalah podok pesantren yang berada di Desa Doho, Kec. Dolopo, Kab. Madiun, Jawa Timur. Pondok Pesantren yang menggunakan kurikulum boarding school. Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang diajarkan dalam pondok ini. Pertemuan setiap kelas hanya satu kali dengan durasi dua jam pelajaran. Hal ini tentu dirasa kurang apalagi Bahasa Inggris merupakan bahasa asing. Akibatnya murid lebih lama dalam menangkap materi bahasa Inggris yang diajarkan dan membuat materi tidak segera selesai. Meskipun guru pelajaran terkait menggunakan aplikasi pembelajaran seperti google classroom namun belum dapat mengatasi permasalahan tersebut. Perlu sebuah sistem yang edukatif dan menyenangkan untuk menunjang murid belajar bahasa Inggris. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah metode air terjun atau waterfall. Penggunaan metode ini dirasa tepat karena alur dalam penelitian urut mulai dari tahap identifikasi masalah sampai tahap implementasi sistem. Teknik pengambilan data yang dilakukan oleh penulis adalah dengan wawancara dan observasi ke Pondok Pesantren Miftahul Huda serta melakukan studi pustaka terhadap artikel ilmiah yang memiliki keterkaitan. Hasil dari penelitian ini adalah e-learning pembelajaran bahasa Inggris berbasis website yang akan di implementasikan ke Pondok Pesantren Miftahul Huda. E-learning adalah sebuah sistem yang berisi materi-materi pembelajaran yang dikemas sedemikian menarik agar murid tertarik untuk mempelajarinya. Diharapkan dengan adanya sistem ini dapat membantu guru dan murid dalam kegiatan belajar mengajar mata pelajaran bahasa Inggris di Pondok Pesantren Miftahul Huda

Full Text:

PDF

References


Andika, M. (2019). Mobile Learning sebagai media pembelajaran bahasa inggris. Prosiding

Seminar Nasional Pps Univ Pgri, 546–558.

Gumantan, A., Nugroho, R. A., & Yuliandra, R. (2021). Learning During the Covid-19

Pandemic: Analysis of E-Learning on Sports Education Students. Journal Sport Area,

(1), 66–75. https://doi.org/10.25299/sportarea.2021.vol6(1).5397

Gusti Putri, N. I. A., & Setiawan, R. (2020). Rancang Bangun Aplikasi Elearning. Jurnal

Sistem Informasi dan Sains Teknologi, 2(1), 53–57.

https://doi.org/10.31326/sistek.v2i1.672

Haberland, H. (2018). English as a world language in Scandinavia and elsewhere (Part 1).

Studia Linguistica Universitatis Iagellonicae Cracoviensis, 135(4), 253–260.

https://doi.org/10.4467/20834624SL.18.023.9317

Haryanto, S. (2018). Kelebihan Dan Kekurangan E-Learning Berbasis Schoology. Prosiding

Seminar Nasional Geotik, (2), 106–110.

Hilir, A. (2021). Pengembangan Teknologi Pendidikan dan Peranan Pendidik dalam

Menggunakan Media Pembelajaran. Clinical Nephrology (Pertama, Vol. 1). Jakarta:

Penerbit Lakeisha.

Jayawardana, H. B. . (2017). Paradigma Pembelajaran Biologi di Era Digital | Jayawardana |

JURNAL BIOEDUKATIKA. Jurnal Bioedutika, V(1), 12–17. Diambil dari

http://journal.uad.ac.id/index.php/BIOEDUKATIKA/article/view/5628/pdf_2

Khairunnisa, M. S. (2019). Pemanfaatan E-Learning Bagi Para Pendidik Di Era Digital 4.0.

Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 2(2), 35–41. https://doi.org/10.47647/jsh.v2i2.169

Kumar Basak, S., Wotto, M., & Bélanger, P. (2018). E-learning, M-learning and D-learning:Conceptual definition and comparative analysis. E-Learning and Digital Media, 15(4),

–216. https://doi.org/10.1177/2042753018785180

Prabowo, M. (2020). Metodologi Pengembangan Sistem Informasi. Analisis Standar

Pelayanan Minimal Pada Instalasi Rawat Jalan di RSUD Kota Semarang. Diambil dari

https://iainsalatiga.academia.edu/MeiPrabowo

Putra, A. B., & Nita, S. (2019). Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning

Berbasis Web ( Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun ). Seminar Nasional

Teknologi Informasi dan Komunikasi 2019, 1(1), 81–85.

Regmi, K., & Jones, L. (2020). Psychological impact of covid-19 and lockdown among

university students in malaysia: Implications and policy recommendations. International

Journal of Environmental Research and Public Health, 20(1), 1–13.

Saiki, M., Siming, M., Liwang, N. S., & Kusumawardhani, R. (2021). Pentingnya Bahasa

Inggris Untuk Anak Usia Dini Di Kelurahan Mangasa. Jurnal Lepa-lepa Open, 1, 30–

Saputra, B. A., & Hendrawan, A. T. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Learning Berbasis

Web Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan

Komunikasi, 1(2015).

Setiawan, A. A., Lumenta, A. S. M., & Sompie, S. R. U. A. (2019). Rancang Bangun

Aplikasi Unsrat E-Catalog. Jurnal Teknik Informatika, 14(4), 1–9.

Suparno, S., & Alfikar, G. (2019). Implementasi Uud Nkri 1945 Pasal 31 Ayat 1 Melalui

Pengentasan Buta Aksara Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Generasi Sehat

Dan Cerdas (Pnpm-Gsc) Terhadap Peningkatan Kesadaran Pendidikan Masyarakat

Didesa Tawang Sari Kecamatan Sepauk Kabupaten Sin. JURNAL PEKAN : Jurnal

Pendidikan Kewarganegaraan, 4(2), 159–167. https://doi.org/10.31932/jpk.v4i2.555

Susiyani, A. S., & Subiyantoro. (2017). Manajemen Boarding School dan Relevansinya

dengan Tujuan Pendidikan Islam di Muhammadiyah Boarding School (MBS)

Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Madrasah, 2(2), 327–347.

https://doi.org/10.14421/jpm.2017.22-08

Trihanondo, D., & Endriawan, D. (2019). Website Development of Indonesian Art Higher

Education Institutions Historical Archives. IOP Conference Series: Materials Science

and Engineering, 662(2). https://doi.org/10.1088/1757-899X/662/2/022035

Yayan Alpian, M. P., Sri Wulan Anggraeni, M. P., Wiharti, U., & Soleha, N. M. (2019).

PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA. Jurna Buana Pengabdian, 1(1), 66–

https://doi.org/.1037//0033-2909.I26.1.78

Zhang, P. (2018). Practical Guide to Oracle SQL, T-SQL and MySQL, 15(2), 1–23


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.