Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Website (Studi Kasus: MI Mambaul Huda Kabupaten Magetan)

Yuliardho Nur Firdiansah

Abstract


MI Mambaul Huda belum optimal dalam pemanfaatan teknologi, dikarenakan dalam pengolahan data akademik seperti data diri siswa, data diri guru dan nilai ujian siswa masih dilakukan dengan cara manual yakni dengan cara dicatat menggunakan media kertas (paper case) dan sebagaian telah dilakukan dengan cara menggunakan komputer namun belum tanpa bantuan internet, hanya melakukan pengetikan pada Microsoft Word lalu disimpan pada sebuah folder. Maka dari itu perlu dibangun Sistem Informasi Akademik agar sekolah dapat memberikan layanan yang optimal kepada masyarakat mengenai administrasi dan manajemen sekolah. Sistem akan dibangun berbasis Website dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, MySQL dan menggunakan metode pengembangan sistem yaitu Waterfall. Hasil yang diperoleh adalah terbangunnya Sistem Informasi Akademik Berbasis Website sehingga dapat membantu meningkatkan efektifitas kerja akademik yang lebih maksimal dan memberikan pelayan data informasi yang berkualitas, akurat, relevan dan diperoleh dalam waktu yang singkat sehingga tercipta pengolahan data yang terorganisir.

Kata Kunci: Sistem Informasi Akademik, Website, PHP, MySQL


Full Text:

PDF

References


Anardani, S. & Putera, R.A. (2019). Analisis Pengujian Sistem Informasi Website E-Commerce Manies Group Menggunakan Metode Blackbox Functional Testing. Seminar Nasional Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UNIPMA. Madiun: Universitas PGRI Madiun.

Asmara, J. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Desa Berbasis Website (Studi Kasus Desa Netpala). Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI). 2(1), 2621-1467.

Hasanah, M., Haryanti, T. & Rosadi, A. (2019). Rancang Bangun Sistem Informasi Akademik Berbasis Web (Studi Kasus Lembaga Tahfidz Ashabul Qur’an MMI Surabaya). Jurnal Ilmiah COMPUTING INSIGHT Vo.1 No. 1.

Kinaswara, T.A., Hidayati, R.N. & Nugrahanti F. (2019). Rancang Bangun Aplikasi Inventaris Berbasis Website pada Kelurahan Bantengan. Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Madiun: Program Studi Teknik Informatika. Universitas PGRI Madiun.

Utomo, P., Sakuroh, L. & Yulinar, F. (2018). Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web di SMP PGRI 174 Cikupa. JURNAL SISFOTEK GLOBAL, 8(1).

Zahir, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Live Streaming Pengetahuan Komputer Berbasis Website. Jurnal Ilmiah d’Computare.

Putra, B.A. & Nita, S. (2019). Perancangan dan Pembangunan Sistem Informasi E-Learning Berbasis Web (Studi Kasus Pada Madrasah Aliyah Kare Madiun). Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi. Madiun: Program Studi Teknik Informatika. Universitas PGRI Madiun.

Wahid, A. A. (2020). Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi. J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, 1-5.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.