Implementasi System Development Life Cycle Dalam Pengembangan Sistem Informasi LENTERA UNIPMA

Dimas Setiawan, Yoga Prisma Yudha, Bayu Saputra, Muchammad Rizqy W

Abstract


Abstrak: Sistem informasi LENTERA (Learn Technology and Entrepreneur Character) dirancang untuk mendukung ketercapaian visi UNIPMA dan mendukung program smart city di kota Madiun.Tujuan LENTERA diantaranya Membentuk Ekosistem Social Learning secara daring dimana didalamnya membahas hal khusus seputar Teknologi di berbagai bidang yang dapat diakses oleh mahasiswa dan dosen di berbagai program studi yang ingin memberikan wawasan dan mempelajari perkembangan teknologi di berbagai bidang. Membentuk Ekosistem Social Learning secara daring untuk membentuk karakter Entrepreneur di kalangan civitas akademik Universitas PGRI Madiun. Dalam proses pengembangan terakhir, redesain rancangan dengan memanfaatkan prinsip Agile,  menghasilkan uji rancangan bernilai 73 poin dengan kategori “Bagus” dari pengembangan rancangan sebelumnya yang hanya bernilai 43 poin. Sehingga pada tahap selanjutnya dapat dilakukan pengembangan menggunakan pendekatan SDLC (System Development Life Cycle) dalam merealisasikan rancangan sistem yang ada. Penerapan SDLC pada sistem informasi LENTERA memanfaatkan penggunaan domain, hosting, yang dapat diakses www.lentera.space. Dari hasil uji usability pengimplementasian sistem LENTERA terhadap 30 responden didapat skor usability sebesar 73 poin dengan kategori “Bagus”. Terdapat beberapa masukan pada konsistensi penggunaan bahasa pada sistem yang dibuat di seluruh halaman LENTERA.

 

Kata kunci: LENTERA,Siklus Hidup Pengembangan Perangkat Lunak, Rekayasa Perangkat Lunak


Full Text:

PDF

References


Anandayuvaraj, D., & Davis, J. C. (2021). Towards a Failure-Aware SDLC for Internet of Things. 1–5.

Arisandi, D., Trisnawati, L., & Syamsuadi, A. (2022). Sistem Monitoring Deteksi Dini Kebakaran Hutan Berbasis Multiplatform Di Kabupaten Siak Menggunakan SDLC Prototyping. 3, 410–416. https://doi.org/10.30865/json.v3i4.4136

Becker, C. R. (2020). Learn Human-Computer Interaction: Solve Human Problems and Focus on Rapid Prototyping and Validating Solutions Through User Testing. PacktPub. https://learning.oreilly.com/library/view/learn-human-computer-interaction/9781838820329/32742891-141c-450a-8e59-9d43369854d1.xhtml

Benyounes, A., Boudjehem, R., & Lafifi, Y. (2020). Study of the impact of collaboration among learners during the learning of “Object-Oriented Programming.” FL2020, 8th International Conference on Future Learning and Informatics: “Data Revolution,” 55–56.

Dimas Setiawan, Suluh Langgeng Wicaksono, & Naufal Rafianto. (2020). Evaluasi Usability e-Learning Moodle dan Google Classroom menggunakan SUS Quisionnare. JAMI: Jurnal Ahli Muda Indonesia, 1(1), 55–64. https://doi.org/10.46510/jami.v1i1.13

Journal, I. (n.d.). IRJET- Agile against conventional approaches of SDLC.

Maji, S., & Arora, S. (2017). Information and Communication Technology for Competitive Strategies. In Proceedings of Third International Conference on ICTCS 2017 (Vol. 40, Issue Ictcs). http://link.springer.com/10.1007/978-981-13-0586-3

Nasrulloh, S. F., & Sutisna, A. (2022). Pengembangan Learning Management System Perguruan Tinggi Berdasarkan Permendikbud No . 3 Tahun 2020. 16(3), 60–67.

Nova, S. H., Widodo, A. P., & Warsito, B. (2022). Analisis Metode Agile pada Pengembangan Sistem Informasi Berbasis Website: Systematic Literature Review. Techno.Com, 21(1), 139–148. https://doi.org/10.33633/tc.v21i1.5659

Peter Ozioma, U., Bethran Chibuike, A., Alphonsus Onyekachi, A., & V.C, A. (2022). Development of a Visual Semantic Web Ontology Based Learning Management System. International Journal of Engineering Applied Sciences and Technology, 6(10), 226–238. https://doi.org/10.33564/ijeast.2022.v06i10.030

Prasetyo, D., Wibawa, B., & Dima, A. O. (2021). Blended Learning implementation in introduction to artificial intelligence courses using the System Development Life Cycle method. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(4), 042001. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/4/042001

Rajasekaran, N., & Jagatheesan, S. M. (2021). Lack of SDLC Models and Frameworks in Mobile Application Development–A Systematic Literature Review and Study. Researchgate.Net, October. https://www.researchgate.net/profile/Rajasekaran-Nataraj/publication/355201133_Lack_of_SDLC_Models_and_Frameworks_in_Mobile_Application_Development_-_A_Systematic_Literature_Review_and_Study/links/6167a12866e6b95f07c32802/Lack-of-SDLC-Models-and-Framework

Setiawan, D. (2019). Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi LENTERA Untuk Membentuk " Smart Society “ Di Lingkungan Kampus Menggunakan Metode OOAD ( Studi Kasus : Universitas PGRI Madiun ). 155–159.

Setiawan, D., & Kusuma Dewi, N. (2020). Evaluasi Purwarupa Sistem Informasi Program Pengembangan Desa Menggunakan System Usablity Scale. 539–547.

Setiawan, D., & Lenawati, M. (2020). Peran dan Strategi Perguruan Tinggi dalam Menghadapi Era Society 5.0. RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/research.v3i1.4728

Setiawan, D., & Rafianto, N. (2020). Pengukuran usability pada learning management system perguruan tinggi menggunakan pedoman system usability scale. Teknologi, 10(1), 23–31. https://doi.org/10.26594/teknologi.v10i1.2010

Setiawan, D., Rafianto, N., S, T. D., K, I. B., & Setianto, A. (2021). Implemtasi Scrum & Agile Pada Pengerjaan Sistem Informasi Lentera. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 61–75.

Setiawan, D., & Wicaksono, S. L. (2020). Evaluasi Usability Google Classroom Menggunakan System Usability Scale. 2(1), 71–78.

Setiawan, D., Wijaya, Y. D., & Rukminingtyas, C. D. (2020). PERANCANGAN DAN EVALUASI DESAINWIREFRAME SISTEM INFORMASI LENTERA. 531–537.

Yablonski, J. (2020). Laws of UX. O’Reilly.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.