Rancang Bangun E-Prakerin Berbasis Web Pada SMK Bhakti Mejayan

Raras Retno Wulandari, Slamet Riyanto

Abstract


Abstrak: Teknologi informasi yang berkembang begitu pesat menuntut semua bidang dalam kehidupan manusia memanfaatkan sistem informasi untuk membantu kegiatan sehari-hari manusia. Begitupun dengan bidang pendidikan harus mengikuti momentum perkembangan era penggunaan teknologi informasi yang semakin maju yang akan memberikan kemudahan bagi semua pihak. SMK Bhakti Mejayan adalah forum pendidikan vokasi yang menjalin kerjasama dengan dunia bisnis dan industri melalui program praktik kerja industri atau yang biasa dianggap dengan prakerin selama pendidikan. SMK Bhakti Mejayan membutuhkan sebuah sistem informasi yang mendukung dalam pengelolaan data prakerin. Permasalahan yang dialami yaitu dalam pengelolaan data prakerin masih menggunakan data berupa dokumen cetak  Hal ini mengakibatkan beberapa kesulitan seperti dalam pemberian informasi terkait prakerin siswa hanya mendapatkan informasi dari wali kelas masing masing. Kemudian saat pelaksanaan prakerin dalam hal monitoring kegiatan prakerin siswa, guru pembimbing harus memonitor dengan datang langsung ketempat prakerin untuk mengetahui kegiatan-kegiatan siswa yang dicatat di buku jurnal kegiatan siswa. Sistem informasi ini juga dirancang dengan menambahkan beberapa fitur-fitur tambahan yang dapat menunjang untuk pengelolaan data prakterin. Metodologi pengembangan sistem informasi yang digunakan menggunakan model Waterfall. Sistem informasi dirancang dan dibangun berbasis website dengan menggunakan bahasa pemrogaman PHP MyAdmin dan MySQL sebagai databasenya. Dengan dirancang dan dibangunnya sistem ini maka akan mempermudah dalam pengelolaan data praktek kerja industri baik untuk pihak sekolah, siswa, maupun pihak perusahaan/industri.

 

Kata kunci: Sistem Informasi, Prakerin, Website, Waterfall


Full Text:

PDF

References


Anggraeni, E. Y., & Irviani, R. (2017). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Apandi, I., & Rosdianawati, S. (2017). Guru Profesional Bukan Guru Abal-Abal. Yogyakarta : Deepublish.

Arif, M. F. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi. Surabaya : Penerbit Qiara Media.

Bahrudin, I. A. (2016). A Comparative Study of User Acceptance Testing Between Modified Waterfall Model and Extreme Programming in Small-Scale Project Ida Aryanie Bahrudin Status Confirmation for Master ’ S Dissertation.

Jr, T. U. G. (2020). Evaluation of Le MaC Wireless Storage Management System by Modified Waterfall Model. World Scientific News, 144(March), 43–55.

Latief, R. R., Achmad, A., & Sahibu, S. (2019). Aplikasi Pencarian Ustadz Untuk Wilayah Kota Makassar Menggunakan Algoritma Floyd Warshall Dan Haversine Formula Berbasis Android. Sebatik, 23(2), 337–342.

Mulyani, S. (2016). Metode Analisis dan Perancangan Sistem. In Abdi Sistematika. Bandung : Abdi Sinematika.

Naibaho, R. S. (2017). Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan. Jurnal Warta, April, 4.

Permendikbud. (2020). Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 50 Tahun 2020 Tentang Praktik Kerja Lapangan Bagi Peserta Didik. 2013–2015.

Putro, M. B. E. C., Supianto, A. A., & Pramono, D. (2019). Pengembangan Sistem Informasi Praktik Kerja Industri ( Prakerin ) Menggunakan V-Model Studi Kasus : SMKN 2 Malang. Pengembangan Teknologi Informasi Dan Ilmu Komputer, 3(6), 5885–5894.

Rafi, M., Fauzi, S., & Pangaribuan, I. (2018). Sistem Informasi Praktek Kerja Industri Berbasis Web Pada SMK Merdeka Bandung. Bandung, Universitas Komputer Indonesia.

Rusydi, I. (2019). Peranan Perkembangan Teknologi. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

SMK Bhakti Mejayan. (2021). SMK Bhakti Mejayan.

Subarkah, M. T., Krisbiantoro, D., Jahir, A., & Kunci, K. (2020). Sistem Informasi Pengelolaan Praktik Kerja Industri (Studi Kasus: SMK Ma’arif 1 Kroya). Jurnal Of Information System Management, 2(1).

Sugianto, A. C., & Zundi, M. T. (2017). Rancang Bangun Aplikasi Donor Darah Berbasis Mobile di PMI Kabupaten Bandung. KOPERTIP : Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika Dan Komputer, 1(1), 11–18.

Sumitro, A. H., & Taufiq, M. (2019). Manajemen Praktek Kerja Lapangan Menggunakan Metode RAD dan Pengujian SUS pada Instansi SMK dan CV. RESEARCH : Computer, Information System & Technology Management, 2(2), 51.

Suryadharma, & Budyastuti, T. (2019). Sistem Informasi Manajemen. Ponorogo : Uwais Inspirasi Indonesia.

Trimarsiah, Y., & Arafat, M. (2017). Analisis Dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi. Jurnal Ilmiah MATRIK, Vol. 19 No, 1–10.

Yurinda. (2017). Software Engineering. Yogyakarta : Deepublish.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 
PANDUAN SUBMITE ARTIKEL
 


Kantor Sekertariat:
Universitas PGRI Madiun
Jl. Auri No. 14-16  Kota Madiun 63118
Lt 3 Kantor Program Studi Teknik Informatika
email :  senatik@unipma.ac.id
 
 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.